Aliansi Sayap Kiri Prancis Bersumpah Akui Negara Palestina Secepat Mungkin

Estimated read time 2 min read

PARIS – Jean-Luc Melenchon, pemimpin Front Populer Baru yang berhaluan kiri, menegaskan kembali komitmennya untuk mengakui negara Palestina menyusul kemenangan koalisinya dalam pemilu Prancis baru-baru ini.

Pemilu cepat yang didorong oleh Presiden Emmanuel Macron berakhir dengan koalisi empat partai sayap kiri Hijau memenangkan mayoritas di parlemen tetapi kehilangan mayoritasnya karena Front Populer yang baru.

Prancis, partai terbesar dalam koalisi, tidak diragukan lagi berada di bawah kepemimpinan Melencho.

Ettore Meles, yang sedang merayakan kemenangan pemilu, mengindikasikan bahwa dia siap untuk membentuk pemerintahan dan berkata, “Kami akan memiliki perdana menteri dari Front Populer Baru.”

Melenchon menyoroti keputusan-keputusan penting yang dapat dibuat “melalui deklarasi” di bidang nasional dan internasional dan menekankan bahwa mengakui negara Palestina adalah salah satu tugas pertamanya “sesegera mungkin”.

Dalam putaran kedua yang sangat diperebutkan, kelompok sayap kiri dan pendukung Presiden Emmanuel Macron diam-diam memihak kelompok sayap kanan.

Namun, tidak ada serikat pekerja yang mampu memperoleh mayoritas absolut yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan independen.

Macron memenangkan total 150 kursi untuk Partai Republik, sedangkan National Rally Union sayap kanan memenangkan 125 kursi.

Pembentukan pemerintahan baru tanpa suara mayoritas mutlak memerlukan dukungan berbagai partai politik dan organisasi mitra, yakni 289 anggota parlemen.

Pembentukan pemerintahan ini bergantung pada kemampuan Front Populer yang baru untuk membentuk koalisi dengan partai-partai utama tanpa perpecahan internal.

Pengakuan atas negara Palestina merupakan komitmen utama Front Populer yang baru, yang mencerminkan pendiriannya dalam urusan internasional dan komitmen terhadap perubahan kebijakan luar negeri Perancis.

Hasil pemilu menandai perubahan besar dalam lanskap politik Perancis, dengan koalisi sayap kiri siap mempengaruhi arah masa depan negara tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours