Masuk Musim Hujan, Begini Cara Merawat Helm dengan Benar

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Helm menjadi perlengkapan wajib yang dikenakan pengendara sepeda motor. Sayangnya, banyak orang yang lalai dalam merawat helmnya sehingga menurunkan performa dan keselamatannya.

Seperti diketahui, helm merupakan salah satu alat untuk melindungi kepala dari cedera jika terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga lingkungan agar kinerjanya tetap optimal.

“Perawatan helm harus dilakukan secara rutin untuk mencegah bau yang disebabkan oleh bakteri,” kata CEO RSV Helm Richard Ryan pada konferensi baru-baru ini di Jakarta.

Merawat topi secara rutin tidak hanya sekedar mencucinya saja, tetapi juga banyak langkah lain yang perlu diperhatikan seperti menghindari terlalu banyak terkena sinar matahari. Bantalan atau busa juga perlu dilepas untuk mencegah kelembapan yang dapat menyebabkan pertumbuhan.

“Pada helm full face, visornya bisa dilepas agar udara segar bisa bersirkulasi, sehingga helm tidak basah dan dingin. Helm termahal pun tidak akan menghalangi sinar matahari sebanyak itu,” kata Richard.

Saat mencuci topi, Richard menyarankan untuk melakukannya sesering yang Anda suka. Jika digunakan dalam aktivitas sehari-hari, disarankan untuk mencuci helm seminggu sekali.

“Helmnya harus dicuci kering pakai busa, jangan sepotong-sepotong seperti di pasar komersil. Enggak ada salahnya sih, tapi cara ini bisa mengurangi kepadatan helm. Paddingnya dari busa, kalau dipaksakan sampai kering, dapat mengurangi volumenya”.

Baca juga: Kelalaian! Aksi sang ayah yang mengajak sang anak mencuri topi terekam CCTV

Sebagai produsen helm lokal, RSV Helms memiliki program garansi seumur hidup. Pelayanan tersebut meliputi pembersihan, perbaikan dan pemasangan peralatan khusus pengguna helm RSV.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours