26 Korban Tewas Longsor Tambang Emas Bone Bolango Gorontalo Ditemukan

Estimated read time 2 min read

BONE BOLANGO – Tim SAR berhasil menyelamatkan tiga orang yang meninggal dunia hari ini, Jumat (12/7/2024) usai ambruk di tambang emas di Tulabolo, Bone Bolango, Gorontalo. Total korban meninggal yang ditemukan dan dievakuasi berjumlah 26 orang.

Sebelumnya, proses pemberangkatan sempat terhenti pada Kamis (11/7/2024) karena kondisi cuaca ekstrem. Evakuasi berlanjut hingga hari ini hingga ditemukan 3 korban meninggal dunia akibat longsor.

Karodokpol Pusdokkes Polri Brigjen Pol Dr A Nyoman Eddy Purnama Wirawan menjelaskan, ketiga korban diidentifikasi di Rumah Sakit Bhayangkara (RS) Gorontalo.

“Dua korban meninggal sudah teridentifikasi, dan satu korban meninggal masih diidentifikasi karena yang ditemukan hanya jenazahnya.

Proses identifikasi dilakukan dengan memverifikasi informasi yang diberikan keluarga korban mengenai ciri-ciri dan sidik jarinya. Kemudian dilakukan normalisasi untuk menormalkan data.

Jika metode lain tidak dapat digunakan, tim peneliti akan menggunakan DNA untuk mencocokkannya.

Kabiddaktiktikrim Pusinafis Bareskrim Polri Kombes Pol Teguh Wibowo menambahkan, untuk korban yang ditemukan hanya pada tubuh bagian bawah, selanjutnya dapat ditentukan berdasarkan jenis kelamin yakni jenis kelamin dan ciri fisik.

Sedangkan bagian tubuh bagian atas belum ditemukan. Jadi, pencarian akan diulangi.

Sementara itu, proses pengunduhan masih berlangsung. Namun menurut Tim SAR Gabungan yang bertugas, proses pencatatan akan berakhir hari ini dan tim akan mundur jika tidak ada tanda-tanda menemukan korban.

Sebelumnya, Pengelola Bone Bolango Merlan Uloli mengatakan, proses pencarian akan dilakukan selama 7 hari sambil menunggu respon mendesak untuk memberikan waktu evakuasi para korban.

Jumlah korban sebanyak 145 orang, meninggal dunia (sudah ditemukan) 26 orang, hilang diperkirakan 27 orang, dan selamat 92 orang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours