PAMA transformasi visi bertajuk berkelanjutan-berbakti untuk negeri

Estimated read time 3 min read

JAKARTA dlbrw.com – PT Pama Persada Nusantara (PAMA) mengusung perubahan visi dengan tujuan mengabdi pada negara dan mendukung pembangunan berkelanjutan dengan tema budaya dan kredibilitas dalam pembangunan berkelanjutan.

Direktur Utama PAMA Hendra Huthain mengatakan visi baru PAMA mencakup “keamanan nasional”, PAMA tidak hanya fokus pada kegiatan bisnis, tetapi juga dampak sosial dan ekonomi.

“PAMA harus mampu berkontribusi secara ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah tempatnya beroperasi,” kata Hendra dalam konferensi pers grand launching Visi Perusahaan PAMA di Jakarta, Kamis malam.

Meski visi saat ini adalah bisnis terintegrasi terkait pertambangan dan energi, PAMA tetap mengelola basis masing-masing bisnis. Tidak semua portofolio yang dibangun mengabaikan dasar-dasar ini.

Hendra mengatakan, keselamatan kerja dan kepedulian terhadap lingkungan akan diprioritaskan. PAMA terus menjunjung tinggi tata kelola yang baik dalam seluruh operasional bisnisnya.

“Misalnya kita masih bergerak di bidang pertambangan, maka risiko kita terhadap keselamatan kerja dan lingkungan hidup akan tetap ada. Oleh karena itu, pengelolaan setiap usaha kita akan tetap berjalan, ini adalah fundamental yang tidak lepas dari apapun,” kata Hendra. .

Ia mengatakan salah satu hal yang patut dinantikan adalah bagaimana perusahaan menunjukkan komitmennya terhadap pengelolaan lingkungan hidup.

Dengan memperluas bisnisnya ke sektor energi, khususnya energi terbarukan, PAMA berupaya mengurangi ketergantungan pada batu bara dan berkontribusi pada transisi energi ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan inisiatif global untuk mengurangi emisi karbon dan melindungi lingkungan.

“Semua inisiatif ini masuk dalam kerangka keberlanjutan perusahaan yang konsisten dengan lima prinsip keberlanjutan, 5P, yaitu manusia, planet, kemitraan, perdamaian, dan kemakmuran,” ujarnya.

Direktur PT PAMA Ari Sutrisno memberikan sambutan pada Grand Launch Visi Perusahaan PAMA yang digelar di Jakarta pada Kamis (3/10/2024) malam. Antara/Harianto

Sementara itu, Ari Sutrisno Direktur PT PMA mengatakan, sejak didirikan pada tahun 1993, visi awal PEMA adalah menjadi perusahaan kelas dunia, kemudian berubah menjadi pemimpin dunia pada tahun 2008, hingga berubah menjadi tradisi dan kehandalan pada tahun 2024. .

“Hari ini kami memulai visi baru kami, maka setelah tahun 1993 kami memiliki visi perusahaan kelas dunia, kemudian pada tahun 2008 kami mencoba mengubahnya menjadi perusahaan terkemuka dunia,” ujarnya.

PAMA selalu berusaha menjadi yang terbaik, ujarnya. Pada tahun tersebut Pada tahun 2023, PAMA dapat mencapai produksi terbesar dan mendapatkan waktu tersebut dengan perjuangan yang berat.

“Dengan produksi kargo sebesar 1,2 miliar bcm, PAMA tidak hanya menjadi market leader di Indonesia, tapi juga terbesar di dunia,” kata Ari.

Saat ini PAMA memasuki cakrawala baru dimana PAMA tidak hanya bergantung pada bisnis terkait batubara.

Ke depan, PAMA akan terus melakukan transformasi bisnis non-batubara seperti energi terbarukan, mineral, dan industri smelter bekerja sama dengan mitra di AHEMCE dan Grup Astra.

Melangkah ke cakrawala baru berarti ukuran kesuksesan tidak lagi berdasarkan ukuran. Namun, fokusnya adalah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan saat ini dan masa depan.

“Memprioritaskan lebih banyak adalah salah satu poin penentu visi PAMA yang baru,” katanya.

PAMA diharapkan dapat menjadi mitra pilihan bagi seluruh pemangku kepentingan, khususnya di bidang pertambangan, energi, dan integrasi vertikal, termasuk pemerintah, masyarakat, pemasok, dan karyawan.

“Untuk mencapai hal tersebut, PAMA tidak bisa memasuki cakrawala baru seperti biasa. PAMA harus didukung oleh organisasi yang efisien dan maju dengan orang-orang yang berketerampilan tinggi,” ujarnya.

Dikatakannya, pengelolaan sumber daya manusia menjadi kunci untuk mengembangkan manusia tersebut melalui peningkatan kapasitas teknis dan non teknis agar menjadi manusia yang berpengalaman di bidangnya masing-masing.

“Dan untuk mencerminkan karakter semangat juara, PAMA akan terus mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik dalam setiap kegiatan usaha yang dijalankannya,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours