Mata Sehat Bebas Iritasi, Ini Cara Merawat Lensa Kontak Agar Terhindar dari Masalah

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Lensa kontak, lensa tipis yang menempel pada permukaan mata, menjadi pilihan populer banyak orang untuk membantu penglihatan. Bagi mereka yang berkacamata, lensa kontak merupakan pilihan yang nyaman, praktis dan bergaya. Meski demikian, pengguna tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya.

Dokter Kesehatan Mata KSM Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Made Susianti, Sp.M(K) mengingatkan pemakai lensa kontak untuk melakukan perawatan rutin untuk mencegah infeksi kornea. “Memakai softlens harus hati-hati dan harus dijaga, apalagi kosmetik yang berwarna-warni. Kadang tidak tahu aturannya, tidak sembarangan memakainya, sampai tidur dan besok mata merah. ,” kata Susi dalam diskusi online “Infeksi Kornea: Apa Salahnya Diketahui?”, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, penggunaan lensa kontak memerlukan pengetahuan dasar untuk mengetahui kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Menurutnya, jika Anda memakai lensa kontak tanpa mengetahui produk dan perawatannya, maka akan berisiko bagi kesehatan mata, terutama mengakibatkan infeksi kornea.

Alumni Universitas Indonesia (UI) ini mengatakan, banyak beredar lensa kontak di pasaran dengan harga murah, sehingga berpotensi digunakan oleh masyarakat awam tanpa pengetahuan yang memadai. Oleh karena itu, ia mengimbau para pemakai lensa kontak untuk menjaganya dengan menjaga kebersihan yaitu mencuci dan mengeringkan tangan sebelum memakai atau melepas lensa kontak, melepas lensa kontak saat tidur untuk mencegah terjadinya iritasi, peradangan dan infeksi. Kemudian bersihkan lensa kontak dengan cairan pembersih khusus.

“Masyarakat perlu tahu kapan dipakai, kapan dilepas, bagaimana cara merawatnya, dan lain sebagainya. Karena penjual seringkali tidak memberikan penjelasan bagaimana atau bagaimana cara menggunakannya,” ujarnya.

Selain itu, untuk menghindari risiko infeksi kornea, masyarakat juga diimbau untuk tidak sembarangan mengucek mata jika merasa perih atau gatal. Selain itu, disarankan juga untuk tidak membeli obat tetes mata karena masyarakat khawatir akan menyebabkan iritasi.

“Jangan sembarangan memeriksa atau menggunakan obat tetes mata sembarangan. Tidak akan menyembuhkan dan mengakibatkan infeksi. Kalau bisa langsung ke klinik atau gunakan obat tetes antibiotik murni, bukan obat tetes merek lain,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours