BP Batam Perkuat Pertahanan Siber Lewat Tim CSIRT

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, BATAM — Badan Usaha Batam (BP Batam) terus memperkuat pertahanan siber melalui Tim Cyber ​​Security Incident Response atau lebih dikenal dengan Tim CSIRT.

CSIRT-BP Batam merupakan bagian dari Gov-CSIRT yang diluncurkan oleh Badan Keamanan dan Sandi Negara (BSSN) pada 12 September 2022.

Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokol, Ariastuty Sirait saat ditemui disela-sela pekerjaannya menjelaskan hal itu sebagai wujud komitmen CSIRT-BP Batam terhadap permasalahan keamanan siber di era digital. transformasi, Saat ini terdapat dua jenis pelayanan yaitu pelayanan utama dan pelayanan tambahan yang mempunyai bagian tersendiri yaitu bagian kerja, unit kerja dan unit usaha di lingkungan BP Batam.

“Untuk keamanan siber di lingkungan BP Batam, tim CSIRT-BP Batam memiliki layanan dasar berupa pemberian peringatan keamanan siber dan manajemen peristiwa siber. Ada layanan lain antara lain manajemen risiko elektronik, komunikasi potensi ancaman, deteksi serangan, analisis risiko siber, manajemen peristiwa siber untuk persiapan konsultasi, serta peningkatan pengetahuan dan minat terhadap keamanan siber,” jelas perempuan yang biasa disapa Tuty ini.

Sebagaimana kita ketahui, sesuai Peraturan Presiden 95 Tahun 2018 tentang Sistem Elektronik Pemerintah (SPBE) yang memerintahkan Kementerian/Lembaga di Indonesia untuk menyelenggarakan sistem pelayanan publik dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, efisien dan efektif, transparan dan bertanggung jawab.

“Dengan layanan BP Batam yang kini dikelola dengan sistem izin internet, maka baik BP Batam maupun pengguna layanan kini berada di ruang siber,” kata Tuty.

Oleh karena itu, Tuty menghimbau kepada seluruh pihak yang memanfaatkan dunia maya, khususnya di lingkungan BP Batam, untuk turut serta menjaga keamanan dunia maya tersebut sebagai salah satu cara untuk mengelola serangan siber seperti Web Defacement, DDOS, Malware dan Phishing yang akhir-akhir ini banyak terjadi di Indonesia.

Sebagai upaya preventif, mari kita bersama-sama menjaga keamanan siber khususnya di lingkungan BP Batam, agar pelayanan kepada masyarakat dapat tetap berjalan dengan baik, kata Tuty.

“Jika masyarakat menemukan penipuan online di website atau sistem perizinan ada kaitannya dengan BP Batam, kami mohon bantuannya untuk melaporkannya kepada tim CSIRT-BP Batam secepatnya,” imbuhnya.

Laporan sebagaimana dijelaskan di atas dapat dikirimkan melalui email [email protected] atau menghubungi IT-Helpdesk BP Batam di +62 812 6809 9500 hari kerja pukul 09:00 – 16:00. Laporan juga dapat dikirimkan langsung kepada tim CSIRT-BP Batam melalui kantor Pusat Sistem Data dan Informasi BP Batam yang berlokasi di Jalan Jend. Ibnu Sutowo No. 1, Batam Center, Kota Batam.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengunjungi langsung website csirt.bpbatam.go.id.

“Mari kita bersama-sama menjadikan keamanan siber di lingkungan BP Batam menjadi lingkungan yang handal dan profesional untuk mendukung kemajuan Batam Kota Baru,” pungkas Tuty. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours