Cegah Bersin Menyiksa, Atasi dengan Tips Jitu Cuci Hidung

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Pernahkah Anda merasa pilek, sesak napas, atau alergi? Ini mungkin pertanda Anda perlu membersihkan hidung.

Dr. Retno S Wardani, dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher RS ​​Cipto Mangunkusumo mengatakan, membersihkan hidung dapat meningkatkan kestabilan selaput lendir dan berhubungan dengan mikrobioma, sehingga seseorang yang merasa sakit tidak merasa takut. . . sederhana. Ia mengatakan, hidung pertama kali digunakan untuk mengobati telinga, hidung, dan tenggorokan, seperti rinitis. Dengan membersihkan hidung, alergen tidak mudah dihilangkan.

Menurut Wardani, fenomena bersin tersebut disebabkan oleh hal-hal seperti tungau. Dahulu upaya untuk mengatasinya adalah dengan mengganti alas tidur, namun kini fokusnya adalah pada metode pencegahan lain, yakni membersihkan hidung.

Ia menjelaskan, setiap hari tubuh memproduksi antibiotik seperti antibiotik. “Dan ini banyak disebabkan oleh kebiasaan kita membersihkan hidung. Bagi penderita rinitis alergi, dengan perlindungan yang cukup maka akan semakin parah. Akan sedikit berdebu,” ujarnya dalam surat. biografi. Postingan Instagram bertajuk “Merawat Tangan, Hidung, Matahari untuk Pencegahan ISPA dan Hidup Sehat” oleh RSCM di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Dijelaskannya, seiring berjalannya waktu, selain sebagai tindakan medis bagi pasien infeksi hidung, pembersihan hidung juga menjadi tindakan kesehatan preventif.

Untuk membersihkan hidung, kata dia, gunakan NaCl dengan konsentrasi 0,9 persen, tidak lebih dan tidak kurang. Hal ini karena hidung merupakan organ yang sangat kuat.

Dalam situasi itu, pembawa acara Dr. Charlene menjelaskan, saat tidur terjadi proses regenerasi fisiologis dimana asam lambung naik ke nasofaring yang bertujuan untuk membunuh bakteri di area tersebut. “Nah, di satu sisi nasofaring tetap perlu dibersihkan, karena seperti yang kami katakan sebelumnya, bakteri atau virus yang meninggalkan tempatnya akan menjadi bakteri, bakteri tersebut menyebabkan kerusakan, dan akan menghancurkan keaslian antibiotik peptida tersebut. “ucap Charlene. Oleh karena itu, membuang ingus merupakan upaya ekstra untuk menjaga kesehatan tubuh.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours