Dokter Sebut Alat AED Penting untuk Pertolongan Pertama Cegah Kematian Mendadak

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com JAKARTA – Dokter Spesialis Jantung Dr. Utojo Lubiantoro mengatakan kematian mendadak seorang pemain bulu tangkis asal Tiongkok menjadi pembelajaran bagi petugas kesehatan tentang pentingnya Defibrillator Eksternal Otomatis. Alat ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk menyelamatkan nyawa.

“Saat atlet terjatuh, alat tersebut dapat mendeteksi kelainan irama jantung yang terjadi dengan segera, sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat,” kata dokter jebolan Universitas Indonesia ini saat mewawancarai atlet.” Jakarta, Rabu (3/7). /2024 ).

Utojo mengatakan, perangkat tersebut harus tersedia di seluruh tempat umum, terutama venue olahraga yang sering menggelar kompetisi tingkat tinggi.

Alat yang dipasang pada tubuh pasien ini berfungsi sebagai elektrokardiograf yang dapat mendeteksi detak jantung pasien sehingga penyedia layanan kesehatan dapat mengidentifikasi langkah pengobatan selanjutnya.

Jika terjadi gangguan irama jantung, defibrilator harus diberikan jika terjadi fibrilasi dan takikardia ventrikel. Namun jika detak jantung datar, segera dilakukan resusitasi jantung paru (CPR) untuk mengembalikan oksigen ke jantung.

Utojo menjelaskan: “Tidak semua aritmia disebabkan oleh sengatan listrik, hanya penyumbatan pembuluh darah atau takikardia ventrikel. Jika datar, dilakukan CPR, ventilator, trakea, dan prosedur lainnya. Hanya 5-10 menit pertama.”

Penanganan yang cepat dapat menyelamatkan nyawa karena jika dibiarkan akan terjadi kerusakan otak dan kematian otak.

Jika menemukan seseorang dalam keadaan darurat di tempat umum tiba-tiba pingsan, Utojo menyarankan untuk melakukan deteksi darurat seperti memeriksa denyut nadi dan menggunakan AED untuk mencari detak jantung.

Anggota Persatuan Kardiovaskular Indonesia (PERKI) juga menyarankan para atlet muda untuk menjalani pemeriksaan jantung secara rutin untuk memastikan tidak ada kelainan jantung yang berpotensi fatal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours