Indonesia jadi percontohan penanggulangan terorisme melalui olahraga

Estimated read time 2 min read

Badung, Bali dlbrw.com – Indonesia menjadi pilot project upaya pemberantasan terorisme dan terorisme melalui olahraga karena semangat persatuan dan keberagaman serta besarnya perkembangan olahraga.

“Bersama UNOCT dan Global Sport, kami menjamin keamanan negara kita melalui olahraga, mengurangi dan mencegah gerakan kekerasan dan terorisme,” kata Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga, saat membuka konferensi pemberantasan terorisme melalui olahraga di Kuta. Kabupaten Bandung, Bali. , Selasa.

UNOCT adalah Badan Penanggulangan Terorisme PBB.

Kerja sama antara pemerintah Indonesia dan UNOCT dilaksanakan melalui program Global Sport.

Dalam pertemuan tersebut dirumuskan kerja sama mengenai poin-poin utama yang dapat menjadi pilot project bagi cabang olahraga yang memungkinkan, antara lain sepak bola atau bola voli.

Pemerintah memperkuat ekosistem olahraga dengan memanfaatkan keberagaman Indonesia untuk mempengaruhi perang melawan ekstremisme dan terorisme.

Menurut Dito, UNOCT menggunakan metode dan strategi untuk mendukung keberagaman Indonesia dan mendorong masyarakat untuk lebih mencintai tanah air.

“Kami sangat senang PBB memilih kami untuk Indonesia karena kami ingin Indonesia siap menjadi negara olahraga di masa depan,” kata Dito.

Laporan ini menilai apakah proyek percontohan ini efektif sebagai alat untuk memerangi terorisme dan ekstremisme di Indonesia.

“Masyarakat bangga dengan timnasnya di olahraga sepak bola, voli, long rock, jadi saya kira itu salah satu nilai yang bisa kita lihat dengan meningkatkan rasa bangga dan cinta masyarakat,” kata Dito.

Olahraga dan terorisme tidak berhubungan secara langsung tetapi berkaitan erat dari sudut pandang keamanan.

Pemerintah Indonesia dan UNOCT telah melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran akan situasi teroris selama acara olahraga, salah satunya adalah pemboman Boston Marathon tahun 2013 di Amerika Serikat yang menewaskan tiga orang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours