Thailand Temukan 1 Kasus Varian Clade 1 Mpox yang Dianggap Lebih Mematikan

Estimated read time 1 min read

dlbrw.com, BANGKOK – Pada Rabu (21 Agustus 2024), kasus pertama dugaan infeksi strain Clade 1 Mpox ditemukan di Thailand, menurut pemberitaan media setempat. Menurut Thai Inquirer, pasien tersebut merupakan warga asing yang berasal dari Republik Demokratik Kongo.

Pejabat kesehatan tidak memberikan rincian lebih lanjut. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Mpox, juga dikenal sebagai Cacar Monyet, sebagai darurat kesehatan masyarakat yang memerlukan perhatian internasional.

Sejak awal tahun 2024, puluhan negara Afrika telah melaporkan penyakit ini. Lebih dari 90 persen kasus yang dilaporkan terjadi di Republik Demokratik Kongo.

Varian Mpox Clade 1 dianggap lebih menular dan mematikan dibandingkan Clade 2, sehingga menyebabkan wabah global yang dimulai pada tahun 2022. Seseorang yang terinfeksi Mpox mengalami gejala dua hingga 19 hari setelah terpapar, dan menurut pejabat kesehatan, gejala seperti ruam dan flu muncul. WHO menyatakan bahwa Mpox adalah penyakit virus yang ditularkan melalui kontak dekat dan melalui bahan-bahan yang terkontaminasi seperti tempat tidur, pakaian, dan jarum suntik.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours