Sempat Putar Balik, Garuda Siapkan Pesawat Pengganti untuk Jamaah Haji

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Maskapai Garuda Indonesia memastikan ketersediaan pesawat pengganti untuk acara Return to Base (RTB) penerbangan GA-6239 rute penerbangan Solo – Jeddah menggunakan pesawat Airbus 330-300. Armada taksi tersebut disiapkan untuk penerbangan haji tahun ini. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pesawat tersebut awalnya ditetapkan untuk melayani penerbangan dari Jeddah pada tahap kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (3/7/2024), İrfan mengatakan, “RTB disebabkan oleh kerusakan teknis pada mesin pesawat. )

Irfan mengatakan, penerbangan GA-6239 meninggalkan Solo setelah melalui prosedur pemeriksaan rutin pesawat oleh lessor dan tim terkait. Sesaat setelah lepas landas, pilot-in-command (PIC) menemukan indikator kokpit yang menunjukkan status salah satu mesin pesawat.

“PIC kemudian memutuskan untuk segera menerapkan prosedur RTB di Solo,” kata Irfan.

Irfan mengatakan, pesawat bernomor registrasi T7-MMM kembali ke Bandara Adi Sumarmo Solo pada pukul 21.07 waktu setempat dengan membawa 14 awak, termasuk 3 awak kokpit dan 11 pramugari. Proses turunnya awak pesawat dilakukan sesuai dengan prosedur keselamatan terkait.

Garuda Indonesia, lanjut Irfan, berkoordinasi dengan otoritas penerbangan terkait untuk memastikan pemantauan operasional penanganan pesawat, termasuk prosedur penarik pesawat, untuk memastikan insiden RTB tersebut tidak berdampak pada operasional. Irfan mengatakan Garuda juga melakukan optimalisasi untuk meminimalisir jumlah pesawat cadangan untuk operasional penerbangan haji pada tahap repatriasi dari Jeddah.

“Sejalan dengan komitmen kami untuk selalu mengedepankan keselamatan, kami memastikan pesawat pengganti tersebut menjalani serangkaian prosedur pemeriksaan kelaikudaraan secara detail sebelum dikirim kembali ke Jeddah pada Rabu (3/7) dini hari. İrfan berkata, “Sektor semua maskapai penerbangan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours