3 Dokumen yang Wajib Dibawa saat Ujian SKD CPNS 2024, Ini Tips Lolosnya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Inilah 3 dokumen yang wajib dibawa saat ujian SKD CPNS 2024. Tahap rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 sudah memasuki pengumuman jadwal dan lokasi ujian Seleksi Keterampilan Dasar (SKD). Jadwal, lokasi dan waktu ujian SKD CPNS 2024 akan diumumkan oleh masing-masing instansi pada tanggal 9-15 Oktober 2024.

Sedangkan pelaksanaan SKD CPNS 2024 akan dimulai pada 16 Oktober 2024. Peserta wajib memperhatikan tata tertib dan membawa dokumen. Artikel ini secara khusus akan membahas 3 dokumen yang wajib dibawa peserta saat ujian SKD CPNS 2024, kontrol. keluar!

3 dokumen yang harus dibawa saat ujian SKD CPNS 2024

1. Kartu identitas elektronik asli atau sertifikat pengganti kartu identitas yang masih berlaku atau kartu keluarga asli atau salinan kartu keluarga yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang atau identitas digital penduduk dalam bentuk kartu identitas digital dalam satu layar. yang dicetak dan ditunjukkan kepada panitia lembaga atau kartu keluarga digital yang dicetak dan dapat di-scan oleh panitia lembaga dan kartu seleksi peserta untuk ditunjukkan kepada panitia lembaga.

2. Kartu Ujian CPNS 2024

3. Apabila mengadakan seleksi di luar negeri, peserta dapat menunjukkan paspor atau kartu komunitas Indonesia di luar negeri dan kartu peserta seleksi. Selain itu, peserta juga harus memperhatikan persyaratan lain seperti pemberitahuan dari instansi tempat peserta melamar CPNS 2024.

Tata Tertib SKD Kepegawaian Negara Tahun 2024

Sesuai peraturan BKN nomor 5 tahun 2024, berikut tata cara dan berkas yang wajib dibawa saat tes SKD CPNS 2024:

1. Peserta wajib hadir paling lambat 60 (enam puluh) menit sebelum seleksi dimulai dan/atau sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi untuk mengatur proses pendaftaran dan memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan peserta.

2. Panitia lembaga akan memberikan nomor identitas pendaftaran pribadi kepada peserta sebelum jadwal seleksi dimulai.

3. Memasukkan nomor identitas pribadi Pendaftaran dilakukan 5 menit sebelum jadwal seleksi dimulai

4. Peserta seleksi pengembangan karir wajib memiliki kartu penduduk atau kartu tanda pegawai.

5. Peserta yang mengikuti seleksi adalah peserta yang identitasnya harus sesuai dengan yang tertera pada kartu peserta.

6. Peserta menggunakan pakaian dan sepatu yang rapi, sopan atau sesuai dengan yang diatur oleh Panitia Agensi (tidak diperkenankan menggunakan kaos, jeans, dan sandal)

7. Peserta ruang seleksi dilarang membawa :

• Buku atau catatan lainnya

• Kalkulator, peralatan, kamera apapun, jam tangan dan alat tulis kecuali pensil kayu;

• Senjata api/senjata tajam atau sejenisnya

5 Tips Ampuh Agar Hasil Maksimal di SKD CPNS 2024

1. Tetapkan strategi waktu belajar

Sisihkan waktu minimal 1 jam sehari untuk mempelajari materi dan latihan soal. Waktu terbaik untuk belajar adalah satu jam sebelum atau sesudah sholat subuh. Buatlah jadwal setiap hari untuk fokus pada satu materi.

2. Menentukan derajat prioritas pembelajaran

Tentukan tingkat prioritas belajar Anda berdasarkan mahir atau tidaknya Anda dalam suatu materi. Prioritas pertama adalah mempelajari materi yang diperoleh untuk memperkuatnya kembali dalam waktu singkat.

Prioritas kedua, materi pelajaran yang tidak terlalu Anda kuasai lebih dari prioritas pertama. Sedangkan prioritas ketiga adalah mempelajari materi yang sudah lama tidak Anda ketahui sama sekali.

3. Tetapkan tujuan

Tetapkan nilai target yang ingin Anda capai. Sebelum menetapkan target, penting untuk memahami nilai ambang batas atau passing grade SKD CPNS 2024. Nilai tersebut merupakan batas minimal yang harus dicapai untuk lolos ke tahap selanjutnya.

4. Biasakan berlatih soal dengan tenses

Melatih diri bertanya dalam batas waktu merupakan salah satu strategi yang ampuh untuk mempersiapkan diri menghadapi SKD CPNS. Anda juga dapat mengikuti kuis online yang memfasilitasi pengerjaan soal berbasis CAT.

5. Gunakan cara langit

Banyak orang mencari “jalan surgawi” sebagai upaya ekstra untuk meraih kesuksesan, meski dihadapkan pada seleksi CPNS. Dalam konteks ini, jalan surga dapat dimaknai dengan berbagai cara, seperti beribadah, memperbanyak sedekah, dan mencari keberkahan dari keluarga, terutama dari kedua orang tua.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours