Unkris dan Balawista Tingkatkan Keamanan Pantai Sawarna

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Desa Sawarna, Provinsi Banten, yang terkenal dengan keindahan alam dan lautnya, menghadapi kendala dalam menjaga keselamatan pengunjung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, para Guru Besar Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Krisnadwipayana (Unkris) dan para mahasiswa pekerja keras tersebut melaksanakan program “Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)” pada tahun 2024.

Program ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Kemasyarakatan, Direktorat Jenderal Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta bekerja sama dengan Balavista Sawarna. Dalam program ini, Balavista Sawarna mendapatkan pelatihan dan peralatan baru untuk meningkatkan keselamatan di laut.

Peralatan yang diperbarui mencakup papan penyelamat, cincin pelampung & pelampung pelampung, papan penyelamat, jaket pelampung, teropong, kotak P3K, megafon, perangkat yang dapat dikenakan dan jaket pelampung, semuanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi situasi darurat.

Direktur kelompok layanan tersebut, Rosdiana, menegaskan pihaknya berkomitmen untuk memadukan praktik terbaik keamanan pesisir dengan pendekatan berkelanjutan. Guru Besar Unkris, Nino Nopriandi Saleh, meyakini peralatan yang dipasok bisa meningkatkan keselamatan di laut. “Kami berharap ini juga bisa melindungi wisatawan dengan lebih baik,” ujarnya.

Guru Unkris lainnya, Achmad Sulistyono, menyoroti dampak ekonomi dari program tersebut. Selain peralatan keselamatan, kata dia, Unkris juga mendukung pengembangan proyek baru yang menyediakan mesin rolling dan bahan baku pembuatan souvenir.

“Program ini tidak hanya meningkatkan keselamatan, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi baru, mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab dan memberi manfaat bagi masyarakat.”

Direktur Balavista Lebak Erwin Komara Sukma mengungkapkan kepuasannya terhadap program yang dilakukan Unkris.

Kami yakin peningkatan kapasitas Balavista Sawarna tidak hanya akan meningkatkan keselamatan di laut, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan pariwisata. Rencana tersebut juga bertujuan untuk mendukung pembangunan ekonomi dengan mempromosikan Sawarna sebagai tujuan wisata.

Program Peningkatan Kapasitas Balavista Sawarna telah menetapkan standar baru dalam mewujudkan lingkungan berkelanjutan dan mendukung pariwisata berkelanjutan. Kerja sama antara universitas, pemerintah, dan masyarakat setempat telah membawa perubahan positif dan berdampak signifikan, yang mengarah pada pariwisata berkelanjutan dan inklusif di Banten.

 

 

 

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours