Presiden AS Joe Biden Tiba-tiba Batal Pidato, Ternyata Positif Covid-19

Estimated read time 3 min read

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba-tiba membatalkan ketidakhadirannya untuk berbicara di sebuah acara di Las Vegas, Nevada, pada Rabu. Dia tampaknya dinyatakan positif Covid-19.

Biden dijadwalkan berpidato di konvensi tahunan AS pada hari Rabu, yang dihadiri oleh lebih dari 1.500 pendukung Latin di Nevada, negara bagian penting dalam pemilihan presiden AS tahun 2024.

Pidato tersebut dijadwalkan disampaikan ketika Biden mencoba menggalang dukungan pada saat Partai Demokrat di Kongres menyerukan agar dia mundur dari pemilihan presiden.

Direktur Jenderal ASUS Janet Murgoya mengumumkan Biden tidak akan hadir setelah presiden dinyatakan positif Covid-19.

“Terima kasih banyak atas kesabaran dan pengertian Anda,” katanya tertular virus corona. Melansir Newsweek, Kamis (18/7/2024).

Pengumuman Murgoya disambut dengan tepuk tangan penonton. Dia menambahkan bahwa Biden tidak ingin membahayakan siapa pun dan Biden berencana untuk berbicara nanti dalam konferensi tersebut.

“Dia sangat sedih karena tidak bisa bersama kami, dan tentu saja kami turut merasakan kekecewaan itu, namun kami melihat bagaimana Covid berdampak pada begitu banyak orang di komunitas kami,” kata Morguia.

Biden memposting di X bahwa dia “baik-baik saja” dan berterima kasih kepada orang-orang atas harapan baik mereka.

Dia juga menambahkan bahwa dia akan terus bekerja untuk rakyat Amerika. Namun, diagnosis Covid-19 membuat beberapa pihak berspekulasi bahwa Biden akan mundur dari pemilihan presiden.

Dalam wawancara dengan BET News yang diterbitkan Rabu, Biden mengatakan dia akan keluar dari kampanye jika dokter mengatakan kepadanya bahwa dia memiliki “masalah”.

Biden juga menggunakan diagnosis Covid-nya sebagai upaya penggalangan dana. Akun kampanyenya menulis pesan teks dua kata di X: “Saya sakit.”

Lalu beberapa menit kemudian dia mengirimkan pesan yang berbunyi, “Elon Musk dan teman-temannya yang kaya sedang mencoba untuk membeli pemilu ini. Dan jika Anda setuju, bergabunglah di sini.”

Apakah Joe Biden dirawat di rumah sakit?

Juru bicara Gedung Putih Karin Jean-Pierre mengatakan Biden mengalami gejala ringan.

Gejalanya meliputi pilek, batuk, dan kelemahan umum, kata dokter Biden dalam pernyataan yang diperoleh Newsweek.

Biden merasa baik-baik saja di sebuah acara pada hari sebelumnya, tetapi dia dites untuk Covid-19 ketika dia pingsan dan dinyatakan positif, tambah dokternya.

Biden akan kembali ke Delaware untuk melakukan isolasi mandiri sesuai pedoman CDC.

Biden juga menggunakan paclovid sebagai bagian dari pengobatannya dan tidak dirawat di rumah sakit.

Biden telah menghadiri beberapa acara dalam beberapa hari terakhir di Nevada, di mana jajak pendapat menunjukkan dia tertinggal dari pesaingnya. Mantan Presiden Donald Trump di zona perang.

Berapa kali Joe Biden terkena Covid?

Biden dinyatakan positif mengidap covid-19 tipe BA.5 pada Juli 2022. Dia menggunakan Paxlovid pada saat itu. Dia mengalami gejala ringan pada penyakit pertamanya.

Dia dinyatakan positif lagi pada akhir bulan itu untuk infeksi “rebound” langka yang terjadi saat dia diobati dengan Paxlovid, pil antivirus oral yang dapat membantu mengatasi gejala.

Menurut memo Gedung Putih dari dokternya, Kevin O’Connor, Biden menerima suntikan booster Covid-19 pada September 2023, bersamaan dengan suntikan flu tahunan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours