Profesi Psikolog Dinilai Butuhkan Instansi Formal untuk Pembina Teknis

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, TANGERANG – Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) menggelar Konferensi Luar Biasa (KLB) HIMPSI 2024 pada 2-4 Agustus 2024 di Tangerang, Banten. HIMPSI Pusat, Psikologi Pusat dan Daerah ikut serta dalam acara ini. Dewan ini membawahi 37 Wilayah HIMPSI dan 21 Perkumpulan/Perkumpulan HIMPSI yang kesemuanya merupakan perangkat organisasi HIMPSI.

Acara KLB HIMPSI 2024 mengusung tema “Harmonisasi dan Inovasi Psikologi Indonesia: Menuju Pelayanan Berkualitas dan Bermanfaat”.

Hari pertama acara KLB ini dibuka dengan Festival Kreasi Psikologi Indonesia (FKCPI), yang merupakan ajang unjuk gigi para kreator atau inventor produk inovasi dari alat-alat psikologi seperti psikotes dan modul psikologi. Sebanyak 22 produk didaftarkan pada festival ini.

Semua produk ini disajikan kepada audiens dan mereka menerima umpan balik mengenai pengembangan dan penggunaan produk tersebut. FKCPI terselenggara atas kerja sama HIMPSI dan Konsorsium Ilmiah Psikologi Indonesia (KPIN).

Usai kegiatan FKCPI berakhir, kegiatan KLB HIMPSI Tahun 2024 dibuka dengan sambutan dari ketua panitia dan tamu undangan HIMPSI KLB, dalam hal ini HIMPSI Banten, Mohamad Abdilah Nuradhi, yang kemudian menjadi Ketua Pusat Psikologi. . Turut hadir Anggota Dewan Teuku Zilmahram, Ketua Umum Pengurus Pusat HIMPSI saat itu Andik Matulessi, Pj Wali Kota Tangerang Noordin.

Acara selanjutnya adalah Staid Generale dengan pembicara Roria, Direktur Harmonisasi Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang saat ini menjabat sebagai Pj Walikota Pariaman.

Kemudian Mulyanto bertindak sebagai moderator pada sesi ini sebagai Sekretaris Jenderal PP HIMPSI. Dalam pemaparannya, Roria mengatakan, saat ini pemerintah sedang menyusun Peraturan Pemerintah sebagai turunan dari Undang-Undang Pendidikan dan Pelayanan Psikologi Nomor 23 Tahun 2022. Rancangan peraturan tersebut saat ini sedang dibahas di komite antar kementerian.

Peraturan negara yang timbul dari UU PLP. Tanggal 23 Oktober 2022 berakhir pada tahun 2024. 3 Tahun 2024

“Peraturan pemerintah turunan dari UU PLP No. 23 Tahun 2022 saat ini sedang dalam tahap perancangan, khususnya untuk menentukan lembaga pengawasnya, karena pejabat lembaga pengawas harusnya ditetapkan dari Peraturan Pemerintah terkait UU PLP,” kata Roteria. .

Mengingat profesi psikolog tersebar di berbagai sektor dan lintas sektor, maka diperlukan satu kementerian formal (Kemendikbudrtek) sebagai lembaga pengawas dan kementerian yang berbeda sebagai pengawas teknis sesuai layanan psikologi.  Proses ini memerlukan pembahasan yang cukup panjang, mengingat kementerian teknis yang terkait dengan bidang psikologi mencakup berbagai dinas yang terkait dengan beberapa kementerian. Usai pemaparannya, sesi ini diisi tanya jawab dari berbagai peserta KLB HIMPSI 2024.

Usai rangkaian tersebut, sidang paripurna KLB HIMPSI 2024 diawali dengan pembacaan tata tertib oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal. Usai berdiskusi dan voting, forum menunjuk Zera Mendoza sebagai ketua sidang dan Nathanael Elnadus J. KLB HIMPSI Tahun 2024 mempunyai agenda pembahasan dan penetapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HIMPSI; membahas dan menetapkan kode etik psikologi; Keputusan tentang skema Petunjuk Organisasi. Seluruh peserta konferensi mengikuti sidang pleno secara cermat dan kritis demi pengembangan psikologi Indonesia yang berkualitas dan bermanfaat.

Selain itu, kerja KLB ini juga didukung dengan penyuluhan gratis oleh psikolog untuk masyarakat umum di wilayah Banten. Ada juga booth yang bisa Anda kunjungi, antara lain booth merchandise HIMPSI, booth test print Faxtor, KPIN, dan MayaPsyLab yang menjual merchandise khas Banten.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours