Jangan Bingung, Begini Cara Menghafal Tabel Periodik Kimia 1A Sampai 8A

Estimated read time 3 min read

Jakarta – Berikut cara menghafal tabel periodik kimia 1A sampai 8A Sistem periodik unsur kimia disusun dalam bentuk tabel periodik. Dalam tabel ini terdapat banyak unsur kimia dengan namanya masing-masing. Tahukah Anda jumlah pasti nama elemen dalam sebuah tabel? Artikel ini akan membahasnya.

Cara menghafal tabel periodik unsur kimia

Tabel periodik unsur kimia terdiri dari 118 nama unsur kimia Tabel periodik unsur kimia terdiri dari sekumpulan unsur kimia yang disusun menurut nomor atom dan konfigurasi elektronnya. Menghafal tabel periodik bisa menjadi tugas yang menantang.

1. Memahami cara membaca tabel periodik.

Sebelum menghafal tabel periodik terlebih dahulu Anda perlu memahami struktur dasar tabel periodik unsur kimia. Tabel ini terdiri dari kolom-kolom yang disebut grup atau grup dan baris-baris yang disebut titik. Setiap kelompok memiliki sifat kimia yang serupa. sedangkan periode menunjukkan bertambahnya jumlah kulit elektron dalam suatu atom.

2. Bagilah tabel menjadi beberapa bagian kecil.

Tabel periodik unsur 1A sampai 8A lumayan besar ya sobat. Untuk memudahkan mengingat tabel periodik Kita dapat membagi tabel periodik unsur-unsur kimia menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Agar lebih mudah mengingat Mulailah dengan memusatkan perhatian pada beberapa kelompok atau periode waktu sekaligus.

3. Buat asosiasi

Kita dapat menciptakan koneksi atau koneksi mental antara informasi yang sulit diingat dan informasi yang lebih mudah diingat. Ini dapat membantu Anda mengingat banyak hal, termasuk tabel periodik kimia.

Melakukan hal ini Cukup buat asosiasi kreatif untuk setiap unsur pada tabel periodik Misalnya, kita dapat mengasosiasikan unsur litium (Li) dengan kata “imut” karena kedua unsur dimulai dengan huruf yang sama (L). ingat singkatan tabel periodik unsur kimia.

4. Gunakan pola atau aturan.

Tabel periodik memiliki banyak bentuk atau aturan. Ada banyak yang bisa digunakan untuk mengingat. Banyak unsur dalam golongan yang sama mempunyai sifat kimia yang serupa. Mengidentifikasi pola-pola tersebut memungkinkan kita untuk mempercepat proses menghafal tabel periodik. Kita juga memperhatikan pola kenaikan nomor atom dan konfigurasi elektron pada setiap periode.

5. Latihan dan pengulangan

Latihan rutin dan hafalan tabel periodik itu penting. Anda bisa membuat kartu flash atau kertas kecil. Itu termasuk nama unsur, nomor atom, simbol dan informasi penting lainnya. Ulangi hafalan dengan flashcard secara rutin. Cara menghafal tabel periodik ini akan memperkuat daya ingat Anda dan mempercepat proses menghafal.

6. Gunakan sumber daya tambahan

Selain metode di atas Kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari sumber daya tambahan, seperti panduan kimia. Gunakan di ponsel atau situs web yang menyediakan informasi tentang unsur kimia. Panduan menghafal tabel periodik sering kali menyertakan penjelasan dan contoh yang dapat membantu Anda memahami sifat dan karakteristik setiap unsur.

7. Menerapkan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Cara efektif untuk mengingat tabel periodik adalah dengan menghubungkannya dengan kehidupan Anda. Cari tahu bagaimana elemen tertentu digunakan dalam industri atau kehidupan sehari-hari. dan fluorida digunakan dalam pasta gigi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours