Waskita Karya masuk daftar 500 perusahaan terbaik di Asia Tenggara

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk menduduki peringkat 357 dari 500 perusahaan dalam daftar Fortune Southeast Asia 500 versi majalah bisnis global Fortune.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir mengatakan pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dan transformasi.

“Fortune telah memilih 500 perusahaan di Asia Tenggara dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2023. Ini bukti BUMN menjadi lokomotif perekonomian nasional dan berdampak bagi kemajuan Indonesia,” kata Eric dalam keterangannya, Selasa di Jakarta.

Eric mengatakan, pencapaian tersebut patut menambah semangat dan motivasi seluruh insan BUMN untuk terus bekerja keras demi negara dan masyarakat. Waskita Karya sendiri saat ini sedang fokus pada peningkatan kinerja keuangan.

Dalam daftar yang dirilis Juni lalu, Fortune mencatat total pendapatan Vaskita Karja sebesar $719,5 juta atau setara Rp10,9 triliun pada 2023.

Sekretaris Bisnis Waskita Karya Ermi Puspa Junita mengatakan Waskita merupakan salah satu dari 20 BUMN besar yang diakui Asia Tenggara atas kontribusinya dalam mendukung pembangunan infrastruktur Indonesia.

Perseroan juga akan memastikan perbaikan dan transformasi kinerja keuangan terus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.

“Kami bersyukur Vaskita Karja telah diakui sebagai salah satu perusahaan konstruksi terbaik di Asia Tenggara melalui proses restrukturisasi yang tengah dilakukan perusahaan. Kami yakin gelar ini akan semakin memperkuat perusahaan di masa depan,” ujarnya.

Waskita Karya saat ini menerapkan tata kelola yang baik untuk mendukung proses bisnis yang lebih tangguh. Perusahaan juga mengembangkan inovasi digital dalam pelaksanaan proses bisnis.

“Vaskita telah memperkuat tata kelola TI dan inovasi terkait konstruksi digital serta memperkuat pemantauan internal menggunakan aplikasi melalui Dashboard Management,” kata Ermi.

Sebagai BUMN konstruksi, Waskita melaksanakan hampir 100 proyek yang sedang berjalan dan memberikan manfaat berkelanjutan kepada masyarakat melalui pembangunan jalan tol, real estate, dan infrastruktur jalan bebas tol seperti bendungan, pembangkit listrik, jaringan pipa dan lainnya. Beberapa proyek besar Waskita Karya antara lain Tol Bekasi-Kawang-Kampung Melayu, Tol Chimangis-Cibitung, Bendungan Tapin, dan Bendungan Raknamo.

Waskita Karja juga berkontribusi pada 12 proyek Modal Indonesia (IKN) dengan total nilai kontrak Rp 13,6 triliun. Bagian Vaskita dalam nilai ini adalah Rp 7,5 triliun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours