KKN Internasional UMJ bersama UM Cirebon di Kamboja

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) berkolaborasi dalam program kuliah kerja serius internasional (KKN) di Kamboja. Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep., secara resmi menyerahkan 6 mahasiswa asal UMJ dan UM Cirebon ke Institut An-Nikmah Al Islamiah Phnom Penh Kamboja, pada Senin (12/08/2024).

Endang Darmawan Pendawa Agung, Muhammad Yusuf, Muhamad Farhan Firmansyah, Dede Purwanto, Uswatun Hasanah dan Salma Zakiatur Rohmah merupakan peserta KKN Internasional UMJ.

Program KKN akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan mulai tanggal 11 Agustus hingga 6 September 2024. Mahasiswa akan melakukan pengabdian kepada masyarakat seperti mengajar, kerja keagamaan dan lain-lain.

Ketua sekaligus sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMJ Prof. kata dr. Tri Yuni Hendrawati dan Darto, S.E., M.M., serta perwakilan UM Cirebon Zakiyyah, S.Si., M.Si mendampingi penyampaian mahasiswa KKN.

Tak hanya mahasiswa, dosen UMJ dan UM Cirebon juga melakukan program pengabdian masyarakat (PkM).

Hadi menjelaskan, program KKN dan PKM internasional merupakan upaya PTMA dalam melakukan internasionalisasi dan memenuhi Key Performance Indicator (IKU). Melalui program ini, mahasiswa dan dosen mendapatkan pengalaman di luar kampus universitas.

Acara yang diusung Tri Yuni bertajuk “Peningkatan Pengetahuan Siswa Melalui Pemanfaatan Bahan Alam di An Nikmah Al Islamiah Institute Phnom Penh Kamboja”.

PkM lainnya oleh Darto bertajuk “Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Melalui Sosialisasi dan Edukasi di Institut An-Nikmah Al-Islamiah Phnom Penh Kamboja” dan Zakiyyah bertajuk PkM “Pemanfaatan Sosial Limbah Tongkol Jagung untuk Pembuatan Briket”.

Unggulan tahunan UMJ

Melalui siaran persnya, LPPM UMJ menjelaskan bahwa KKN dan KKN Internasional akan menjadi unggulan tahunan UMJ melalui LPPM dan Kantor Kerjasama dan Hubungan Internasional (KKUI).

Selain Kamboja, Thailand menjadi tujuan kegiatan KKN internasional UMJ.

Menteri Pertama Konsulat dan Sosial Budaya KBRI Kamboja, Teguh Adhi Primasanto, menyambut kedatangan delegasi UMJ dan UM Cirebon sekaligus berkesempatan mengunjungi KBRI Kamboja, pada Rabu (14/8/2024). .

Teguh Adhi Primasanto mengatakan pada prinsipnya selalu mendukung kegiatan positif perguruan tinggi Indonesia.

Dikatakannya, Dubes sangat mengapresiasi kegiatan UMJ dan KKN Internasional UM Cirebon, dan KBRI mengajak para mahasiswa untuk mengikuti kegiatan KBRI lainnya seperti Upacara Kemerdekaan RI dan kegiatan lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours