Kontingen Aceh akhiri defile saat pembukaan PON XXI

Estimated read time 2 min read

Banda Aceh dlbrw.com – Tim tuan rumah Aceh menyegel rekor atletnya saat upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut ke-21 tahun 2024 di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Senin malam.

Sebanyak 906 atlet dan ofisial provinsi mengikuti Pesta Olahraga Nasional ini. Ditemani band musik dan dua maskot PON XXI, Gajah Putih atau Po Merah dan Matra atau Harimau Sumatera, mereka dengan gembira memasuki kandang utama.

Peserta parade Ace mengenakan seragam olahraga berwarna merah dengan detail putih, kuning, dan hijau. Saat mereka berjalan melewati alun-alun utama, mereka berbaris dan melambai, mengenakan topi putih bertuliskan “Ache.”

Sebelumnya, Atlet Gorge dibuka kontingen dari Provinsi Bali dan disusul provinsi lainnya. Tiga pemekaran urutan terakhir dispesialisasikan, yakni Ibu Kota Kepulauan (IKN), Sumut, dan sekitarnya. Sumut akan menjadi tuan rumah PON XXI bersama Aceh sendiri. Sementara bagi IKN, PON kali ini merupakan PON pertama.

Parade atlet juga digelar di Stadion Baharuddin Siregar Deli Serdang pada Senin malam.

“Dari Serambi Boomi Mekkah, PON XXI, maskot gajah mereka yang tercatat dalam sejarah Aceh menyambut tamu dengan penuh senyuman. Dari ujung barat NKRI gaung PON se-tanah air, selamat datang Pak Jokowi, terimalah salam kami,” kata Pj Gubernur Aceh dalam sambutannya, Beberapa saat setelah pawai dan pengibaran bendera PON.XXI berakhir.

PON 2024 menjadi kali pertama pentas olahraga nasional multievent digelar serentak di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 kategori, dan 1.042 nomor pertandingan digelar dalam kompetisi di 20 kabupaten/kota se-Aceh dan Sumut, yang menjadi panggung pertunjukan hasil pengembangan prestasi olahraga daerah.

Empat Daerah Otonom (DOB) baru yakni Papua Barat Daya, Papua Dataran Tinggi, Papua Tengah, dan Papua Selatan debut di PON yang juga diikuti kontingen Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Setidaknya 13.000 atlet bersaing untuk menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan Pesta Olahraga Nasional pada 20 September 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours