Penjaga pantai China tahan kapal nelayan Taiwan

Estimated read time 2 min read

Taiwan mengatakan pada hari Selasa bahwa penjaga pantai Tiongkok telah memeriksa dan menahan kapal penangkap ikannya yang berlayar di dekat kepulauan Kinmen Taiwan di lepas pantai tenggara Tiongkok, media lokal melaporkan.

Penjaga pantai Taiwan menerima laporan mengenai Tachinman 88 yang terdaftar di Penghu, 23,7 mil laut (43,9 km) timur laut Pelabuhan Liaolu, ketika kapal tersebut dicegat oleh kapal Tiongkok, Kantor Berita Pusat Taiwan melaporkan.

Pihak berwenang Taiwan kemudian segera mengerahkan dua kapal untuk memberikan bantuan darurat, kata biro tersebut. Meskipun ada upaya untuk menghentikan rute tersebut, kapal tersebut dikepung oleh tiga kapal penjaga pantai Tiongkok, tambahnya.

Taiwan menuntut pembebasan segera kapal tersebut, namun Tiongkok tidak ingin ikut campur, Kantor Berita Taiwan melaporkan.

Empat kapal Tiongkok lainnya tiba di lokasi kejadian, menyebabkan satu kapal penjaga pantai Taiwan mundur untuk menghindari meningkatnya konflik, kata kantor berita tersebut.

Baca juga: China Perketat Aturan Izinkan Penjaga Pantai Lacak Kapal Asing

Penjaga Pantai Tiongkok mengalihkan Tachinman 88 ke pelabuhan Tiongkok daratan.

Pihak Taiwan meminta Tiongkok untuk segera melepaskan kapal dan awaknya dan tidak mempolitisasi insiden tersebut, serta menekankan pentingnya menjaga hubungan antar semenanjung.

Insiden serupa pernah terjadi di masa lalu, ketika penjaga pantai Tiongkok semakin menegaskan kehadirannya di perairan dekat pulau-pulau terpencil Taiwan.

Tiongkok menganggap Taiwan sebagai “negara yang memisahkan diri” dan tidak mengakui Garis Tengah, perbatasan tidak resmi di Selat Taiwan yang memisahkan Tiongkok dari Taiwan, atau Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ).

ADIZ adalah wilayah udara tempat suatu negara berupaya mendeteksi, menemukan, dan mengendalikan pesawat untuk tujuan keamanan nasional. Pada saat yang sama, Taipei bersikeras untuk mendeklarasikan kemerdekaan sejak tahun 1949.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours