UPN Jakarta-Binus University Kolaborasi Dorong Digitalisasi Promosi Kampung Kuliner

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, BANDUNG – Upaya peningkatan potensi pariwisata lokal terus dilakukan. Kali ini UPN “Umukambawe” Jakarta dan Binus University bekerja sama melalui community project yang disponsori oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Kemasyarakatan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset. dan teknologi pada tahun 2024. Proyek ini fokus pada pengembangan promosi wisata Kampung Kuliner RW 4 Haurpancuh II, sebuah kawasan yang memiliki beragam keahlian kuliner di wilayahnya namun masih memerlukan dukungan dalam hal pemasaran digital.

Inisiatif ini bertujuan untuk membantu masyarakat lokal untuk menggunakan teknologi digital sebagai alat pemasaran yang efisien dan efektif. Dengan menggunakan RACE Framework (Reach, Command, Conversion, Implementation), tim pengabdian kedua universitas ini mencoba menerapkan strategi pemasaran digital yang dapat memperluas upaya pembangunan lokal secara nasional dan internasional.

Tergantung pada level yang digunakan, banyak kursus yang ditawarkan, seperti pelatihan pemasaran, pelatihan web, pelatihan manajemen produk, pelatihan atau perencanaan lokasi, dan pelatihan manajemen keuangan.

Pembicara pertama adalah Abdul Aziz S.Sn., M.Med.Com. Beliau merupakan salah satu pengajar kurikulum Desain Komunikasi Visual di Universitas Bina Nusantara. Beliau memberikan materi terkait pemasaran produk. Mulai dari pemilihan logo, warna dan kemasan produk akan menarik bagi konsumen. Menurutnya, merek yang sederhana namun menarik bisa tetap melekat di ingatan pelanggan. Pemilihan kemasan yang tepat juga akan menambah nilai jual produk, apalagi jika didukung dengan rasa yang enak. Ia mengatakan pada Selasa (17/9/2024) “Perpaduan merek dan kemasan mampu membuat konsumen yang baru beberapa kali berkunjung ke Bandung akan mengingat rasa dan kemasannya.”

Lanjutan materi dan pelatihan pemasaran dan pengelolaan keuangan diberikan oleh Widayani Wahyuningtyas, SE, MM. Dosen Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta. Kali ini beliau memberikan strategi pemasaran dan pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah.

Materi dilanjutkan melalui media sosial dan pelatihan yang diberikan oleh tokoh masyarakat yaitu Zatin Nicotaini, S.Tr.Com., M.Com. Guru Besar di UPN “Veteran” Jurusan Ilmu Komputer, Jakarta. Artikel ini membahas tentang pemanfaatan hiburan, media sosial dan website sebagai sarana pemasaran kelompok perancang Desa Wisata RW 4 Haurpancuh II. Untuk menjaga keterlibatan berkelanjutan, pelaku bisnis diajari cara menjaga hubungan dengan pengunjung melalui program loyalitas, pembaruan rutin, dan aktivitas menyenangkan.

Melalui program dua hari ini, warga RW 4 Haurpancuh II mendapatkan pengetahuan tentang pemasaran digital yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari industri pariwisata. Selain itu, program ini juga membantu mengembangkan kemampuan teknologi digital usaha kecil di daerah, menciptakan peluang ekonomi baru dan menjadikan desa wisata kuliner semakin populer.

“Dengan dukungan DRTPM Kemendikbud melalui Program Pemberdayaan Masyarakat pada tahun 2024, kami berharap program ini dapat menjadi model bagi pengembangan desa wisata kuliner lainnya di Indonesia, sehingga semakin banyak daerah yang dapat memanfaatkannya. teknologi digital untuk meningkatkan kemampuan mereka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours