Pakar: Pijat oksitosin solusi kurangi rasa sakit saat melahirkan

Estimated read time 2 min read

Padang dlbrw.com – Akademisi sekaligus Ketua Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar) Yulizawati mengatakan pijat oksitosin bisa menjadi solusi untuk mengurangi rasa sakit ibu saat melahirkan.

“Dari penelitian yang dilakukan, pijat oksitosin bisa menjadi solusi menjanjikan bagi wanita untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan,” ujarnya di Padang, Minggu.

Dalam penelitian Yulizawati dan rekannya yang mensurvei 300 ibu, 32% mengalami nyeri sangat hebat saat melahirkan dan 57% mengaku merasakan nyeri sedang.

Ia menjelaskan, pijat oksitosin merupakan teknik bebas obat yang bertujuan untuk meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh. Hormon ini sering disebut dengan “hormon cinta” yang berperan penting saat melahirkan.

Hormon tersebut membantu merangsang kontraksi rahim dan memiliki efek menenangkan sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan kecemasan. Dengan menggunakan pijat oksitosin, kata dia, ibu hamil bisa merasa lebih nyaman dan tenang selama proses persalinan.

Berdasarkan penelitian, lanjutnya, pijat oksitosin secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit yang dialami ibu saat melahirkan. Artinya, ketika produksi oksitosin meningkat, rasa tidak nyaman saat melahirkan bisa berkurang.

Hal ini jelas akan membuat pengalaman melahirkan menjadi lebih menyenangkan. Pijat oksitosin tidak hanya berfungsi mengurangi rasa sakit, tetapi juga membantu ibu hamil merasa lebih rileks, ujarnya.

Selain itu, menurutnya pijat oksitosin juga dapat membantu meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan bayi. Ikatan keduanya sangat penting bagi perkembangan emosional ibu dan bayinya.

“Dengan pijatan ini, ibu tidak hanya merasakan kenyamanan fisik, tapi juga membangun bonding yang lebih baik dengan bayinya,” kata Yulizawati.

Proses pemberian pijat oksitosin dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih seperti bidan atau pasangan kehamilan. Teknik ini melibatkan pemijatan lembut pada bagian tubuh seperti punggung, perut, dan kaki guna menciptakan perasaan nyaman dan rileks.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours