Mahasiswa UMJ Raih Dua Juara Dalam Kompetisi Inkubasi Bisnis Tingkat Nasional

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Dua tim mahasiswa bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil meraih juara dalam kegiatan inkubasi bisnis berbasis kompetisi bagi pelaku ekonomi kreatif. Rangkaian kegiatan digelar di kawasan objek wisata Gua Kreo, Kelurahan Kandri, Kota Semarang, Jawa Tengah selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu (26/07-28/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Kewirausahaan Muhammadiyah dan Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (MCEBI PTMA) bekerja sama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Inkubasi bisnis ini diikuti oleh 97 peserta dari 33 PTMA dan delapan UKM dari 17 desa wisata kawasan wisata Borobudur, destinasi wisata nasional Semarang-Karimunjawa dan sekitarnya.

Kedua tim mahasiswa UMJ ini berhasil meraih juara 1 kategori kuliner siap saji dan juara 2 bidang kuliner kemasan. Di bidang fast food, tim yang dimotori mahasiswa Fakultas Pertanian (Ftan) Naswalika Sabila berhasil meraih juara dengan produk “Canna Tjendol”. Selanjutnya tim yang dipimpin oleh mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Alya Yulia membuat kemasan kuliner melalui produk keripik talas.

Produk “Canna Tjendol” ini merupakan inovasi hasil penelitian campuran tanaman ganyong dan bunga telang. Sedangkan produk keripik memiliki inovasi menggunakan rasa asin atau manis yang dibuat sendiri sehingga tidak menggunakan bahan tambahan pangan yang dikemas dengan bahan organik.

Diwawancarai, mahasiswa penerima Baznas Scholar Bursa (BCB), Naswa dan Alya mengaku bersyukur atas pencapaian tersebut. Pencapaian positif selama ini membuat mereka optimis untuk mengembangkan usahanya di pasar dalam negeri.

“Kami berharap produk kami bisa menjadi alternatif baru bagi masyarakat,” kata keduanya saat dimintai keterangan melalui pesan singkat, Rabu (31/7/2024).

Guru Besar UMJ sekaligus Presiden MCEBI Dr. Endang Rudiatin, M.Si mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih mahasiswanya. Menurutnya, keberhasilan mereka merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas untuk menjadi pengusaha amanah dan beretika yang sejalan dengan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan.

“Ada juga mahasiswa penerima Beasiswa Baznas angkatan 5, tujuan dari pendampingan ini agar mereka menjadi wirausaha yang sejalan dengan nilai-nilai Islam. “Saya berharap mereka menjadi wirausaha yang maju dan menjadi mesin inkubasi bisnis ke depan,” pungkas Endang saat dimintai keterangan, Rabu (31/07/2024).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours