Prodi S1 Pariwisata Unisa Bandung Tekankan Pentingnya Inovasi Pengajaran

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, BANDUNG — Di era pendidikan yang terus berkembang, metode pengajaran yang efektif dan inovatif menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pengalaman belajar bermakna kepada siswa. Winda Gafrilia, Ketua Program Studi Sarjana Pariwisata Universitas Aisyiyah (Unisa) Bandung, mengutarakan pandangannya bahwa inovasi dalam pengajaran sangat penting untuk memastikan mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan tetapi juga keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan global.

Winda menjelaskan dengan pendekatan pengajaran yang inovatif, dosen dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif sehingga mahasiswa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran. 

“Dalam menghadapi era digital dan tantangan global, kita harus mampu menyesuaikan metode pengajaran agar tetap relevan dan efektif,” ujarnya, Kamis (4/7/2024).

Untuk mendukung hal tersebut, Program Studi Pascasarjana Pariwisata Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial Unisa Bandung menyelenggarakan workshop pengembangan dan implementasi rencana ‘Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcomes Based Education (OBE). Sikole Jaya Giri, Lembang, pada 3-4 Juli 2024. 

Workshop ini dirancang untuk membekali dosen dan tenaga akademik dengan pengetahuan dan keterampilan tentang cara membuat RPS yang berkualitas dan sesuai standar pendidikan yang relevan.

“Kami berharap melalui pelatihan ini para dosen dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prinsip dasar perancangan RPS serta mengimplementasikannya dengan baik dalam proses pengajaran,” kata Winda.

Sementara itu, Ketua Pelaksana lokakarya, Pandu Sapto Desmantyo, MM.Par menambahkan, peserta lokakarya dibimbing untuk memahami konsep dan prinsip dasar yang menjadi dasar pembelajaran semester. “Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali para dosen dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan RPS yang berkualitas,” jelasnya, Kamis (4/7/2024).

Mengusung tema “Inovasi Pengembangan Kurikulum OBE Berbasis Kompetensi Melalui RPS Kualitatif”, workshop ini menghadirkan narasumber ahli di bidangnya yaitu Dr. Geethaswara.

Melalui kegiatan ini diharapkan Unisa Bandung mampu terus meningkatkan mutu pendidikan dan mempersiapkan mahasiswanya menghadapi tantangan global.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours