Bunyi Teks Ikrar Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Santo Pancasila. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga akan digelar besok.

Penetapan Hari Santo Pancasila pada tanggal 1 Oktober didasarkan pada Surat Keputusan Nomor 153 Tahun 1967 yang dikeluarkan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 27 September 1967.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertujuan untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur pada masa Gerakan 30 September (G30S) tahun 1965.

Peringatan ini sekaligus menjadi pengingat bagi masyarakat bahwa ideologi Pancasila tidak bisa digantikan oleh ideologi apapun.

Itu adalah teks ikrar yang biasa dibacakan pada setiap upacara peringatan hari besar Pancasila.

Teks ikrar tersebut menjelaskan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia.

Teks janji

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melaksanakan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Sejak kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, nyatanya telah banyak terjadi gejolak baik di dalam negeri maupun di luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa pelemahan tersebut terjadi karena kelalaian dan kewaspadaan masyarakat Indonesia terhadap kegiatan-kegiatan yang mencoba menegaskan Pancasila sebagai ideologi negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia dapat semakin memperkokoh berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati hari suci Pancasila ini, kami membulatkan tekad untuk terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan untuk bersatu padu memperjuangkan, menjaga kebenaran dan keadilan demi keutuhan negara. negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Suci Pancasila Tahun 2024, berikut informasi lengkapnya: Topik Upacara Peringatan Hari Suci Pancasila Tahun 2024:

Tahun ini tema yang diusung adalah “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”

Penyelenggaraan upacara pada tingkat utama: Hari, Tanggal: Selasa, 1 Oktober 2024

Waktu : 08.00 WIB s/d. Selesai

Lokasi: Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur

Pakaian:

Pria : Full Civil Suit (PSL)

Wanita : TNI/POLRI Pakaian Kebangsaan : Pakaian Dinas Upacara (PDU) III

Pedoman pelaksanaan pada kementerian, lembaga tinggi negara, kejaksaan, lembaga pemerintah nonkementerian, Bank Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, tingkat daerah, dan satuan pendidikan:

Urutan acara pokok ditentukan sebagai berikut:

1. Penghormatan umum kepada pengawas upacara, dipimpin oleh komandan upacara

2. Komandan Upacara melaporkan, upacara telah siap

3. Mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pengawas upacara

4. Membaca teks Pancasila

5. Membaca Pembukaan UUD 1945

6. Pembacaan naskah ikrar

7. Membaca dari naskah doa

8. Andhika Bhayangkari (Adopsi)

9. Laporan Komandan Upacara, upacara telah selesai

10. Penghormatan umum terhadap pengawas upacara

11. Upacara selesai

Demikianlah informasi mengenai kesehatan teks ikrar dan pedoman penyelenggaraan upacara peringatan hari suci Pancasila tahun 2024. Semoga bermanfaat!

MG/Marinir Lugina

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours