Hindari Pakai Baju Berkali-kali tanpa Dicuci, Dokter Ungkap Bahayanya

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Beberapa orang cenderung memakai pakaian yang sama berkali-kali tanpa mencucinya secara rutin. Hal ini terkesan sepele, padahal sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda.

Dokter Dia Febriani, dokter spesialis kulit dan organ reproduksi, menjelaskan bahwa pakaian yang tidak dicuci secara teratur menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan gatal-gatal, jerawat, ruam, dan masalah kulit lainnya. Selain itu, bagi orang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan pakaian yang tidak sehat juga dapat menyebabkan dermatitis, yaitu infeksi kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan ruam merah.

“Pakaian kotor dapat menjadi media tumbuhnya bakteri dan parasit sehingga dapat menimbulkan permasalahan pada kulit. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena pakaian selalu menempel pada kita, ketika menyentuh kulit kita, maka tentunya pakaian kotor tersebut membawa bakteri pada tubuh kita. kulit. ”, Dr. Jumat (13/9/2024).

Dokter juga menyoroti betapa pakaian yang sudah dicuci tetap berbahaya bagi penyakit. Ia menjelaskan, praktik mencuci yang tidak tepat dan higienis dapat meninggalkan sisa sabun dan kotoran yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

“Setelah observasi beberapa pasien kulit yang datang ke saya, ternyata pemicunya berasal dari pakaiannya. Kemungkinan pencuciannya kurang bersih sehingga masih tersisa sisa sabun di pakaian.” Residunya bisa menyebabkan ruam dan masalah kulit,” kata dokter.

Sebagai tindakan pencegahan, dokter menyarankan untuk berhati-hati saat mencuci pakaian. Jika pakaian masih terdapat noda atau mengeluarkan bau tidak sedap, itu tandanya pakaian tersebut kurang bersih.

“Khususnya pakaian olahraga yang seringkali masih berbau tidak sedap setelah dicuci, itu tandanya kurang bersih. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan produk yang mendukung pencucian,” kata dr Dia.

Selain pakaian yang bersih, dr Dia mengungkapkan kesehatan kulit juga harus didukung dengan menerapkan pola hidup sehat. Olahraga teratur dan pola makan sehat bergizi dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

“Kulit yang sehat mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Itu sebabnya sangat penting menjaga kesehatan kulit,” kata dokter.

 

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours