IMI: Pelatihan Safety Driving Penting Kurangi Kecelakaan Mobil Sport

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Wakil Ketua Divisi Mobilitas Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI), Rifat Sungkar menekankan pentingnya pelatihan keselamatan berkendara untuk mengurangi kecelakaan mobil sport. Kecelakaan yang melibatkan mobil sport seringkali mendapat perhatian lebih dibandingkan kecelakaan yang melibatkan kendaraan biasa, padahal angka kecelakaan kendaraan biasa lebih besar.

“Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Masalah terbesarnya adalah kalau kita punya kendaraan, kita berpikir bisa menggunakannya. Jadi pelatihan keselamatan berkendara itu penting,” kata Rifat di Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

Menurutnya, selain pelatihan keselamatan berkendara, pengetahuan dasar tentang peraturan lalu lintas dan kendaraan yang digunakan sangat diperlukan bagi pengemudi. Dengan pengetahuan tersebut, pengemudi bisa lebih berhati-hati dan bijaksana saat berkendara.

Selain itu, Rifat juga menyoroti kualitas jalan yang kerap menimbulkan kecelakaan juga. Kenapa banyak sekali kecelakaan? Human error lebih dari 80 persen, tapi kualitas fasilitas pendukung jalan juga harus diperhatikan, ujarnya.

Selain itu, pembalap reli nasional itu juga menekankan pentingnya manajemen waktu yang baik saat berkendara. Saya yakin banyak kecelakaan disebabkan oleh pengemudi yang terburu-buru, meskipun berangkat lebih awal, kecepatan kendaraan dapat dikurangi dan risiko kecelakaan dapat diminimalkan.

“Banyak kecelakaan terjadi karena orang terburu-buru, kalaupun jalan kaki misalnya satu jam lebih cepat, maka kecepatan per km akan lebih rendah, risiko yang dihadapi juga lebih rendah. Jadi manajemen waktu adalah kunci dari semuanya,” tutupnya. .

Pengemudi mobil Porsche Cayman berinisial TP (31) tewas setelah menabrak bagian belakang truk di kawasan Gerbang Tol (GT) 2 Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (19/6) pukul 01.40. WIB dini hari. Berdasarkan kronologi yang diterima, kecelakaan terjadi saat pengemudi Porsche yang dikemudikan TP melintasi Tol Dalam Kota arah timur, tepatnya di KM 5+200 B sebelum GT Kuningan 2, Jakarta Selatan (Jaksel).

Akibat ceroboh dalam berkendara, mobil TP menabrak bagian belakang truk RA yang ada di depannya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours