Lithuania Minta Dukungan Finansial UE Perkuat Perbatasan dengan Rusia

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, London – Menteri Dalam Negeri Lituania; Agne Bilotaite mengirimkan surat resmi kepada Komisaris Dalam Negeri Uni Eropa Ylva Johanso dengan permintaan dukungan finansial untuk memperkuat perlindungan perbatasan Rusia dengan negara-negara Baltik.

Menurut siaran pers Kementerian Dalam Negeri yang sebelumnya dikutip oleh Anadolu, Menteri Agne Bilotaite mengatakan ada kebutuhan mendesak untuk memodernisasi dan meningkatkan sistem pengawasan perbatasan. “Saat ini, memperkuat keamanan perbatasan Rusia sepanjang 275 kilometer (170.877 mil) dengan Lituania adalah prioritas kami,” kata pernyataan yang dikutip Bilotaite.

Dia menambahkan bahwa banyak infrastruktur kontrol perbatasan perlu ditingkatkan untuk memastikan situasi di perbatasan Lituania dan menjamin keamanan di wilayah perbatasan eksternal UE. Biaya peningkatannya sekitar 16 juta euro (281,9 miliar rupiah) dan dana yang dibutuhkan 13,7 juta euro (241,4 miliar rupiah), kata kementerian dalam sebuah pernyataan.

Pada Oktober tahun lalu, Lituania menerima hibah sebesar €9,3 juta (Rs 163,8 miliar) dari Uni Eropa untuk membantu negara Baltik tersebut meningkatkan sistem kontrol perbatasan di sepanjang perbatasannya dengan Belarus.

Dalam suratnya, Bilotaite menyoroti dukungan Komisi Eropa dalam memerangi masuknya imigran ilegal yang “diduga diatur” oleh pemerintah Belarusia, menurut TV pemerintah LRT, kampanye tersebut dimulai pada tahun 2021.

Komisi Eropa sejauh ini telah memberi Lithuania sekitar 100 juta euro (1,7 triliun rupiah) untuk memperkuat perbatasannya dengan Belarus di tengah serangan yang terkait dengan Rusia, kata LRT.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours