Hati-Hati! Modus Baru Penipuan Berkedok Rekrutmen KAI

Estimated read time 1 min read

dlbrw.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai segala bentuk penipuan dengan metode rekrutmen KAI. Hal ini menanggapi surat panggilan rekrutmen KAI palsu yang beredar di Jakarta pada 10 Agustus 2024. 

“KAI dengan tegas menyatakan bahwa surat tersebut palsu dan bukan undangan resmi dari perusahaan,” kata Vice President Humas KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (11/8/2024).

 

Anne berharap masyarakat lebih berhati-hati dan kritis ketika menerima pesan berupa lowongan pekerjaan atau undangan untuk membuat janji dengan persyaratan tambahan seperti penyediaan akomodasi dan transportasi. Anne menegaskan, KAI tidak pernah mengirimkan undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta menggunakan hotel dan transportasi tertentu. 

 

“Kami menyayangkan tindakan tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan ketenagakerjaan KAI,” kata Anne. 

 

Anne memberikan seluruh informasi rekrutmen KAI melalui website resmi e-recruitment.kai.id dan media sosial resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121. Anne menambahkan, KAI tidak pernah melakukan proses rekrutmen melalui komunikasi, baik melalui penyerahan berkas maupun email.

 

Selain itu, KAI tidak memungut biaya apapun dari pelamar dan tidak pernah bekerjasama dengan travel agent dalam proses seleksi karyawan. Apabila mendapat informasi mencurigakan, masyarakat dapat segera menghubungi Contact Center KAI melalui nomor telepon 121, WhatsApp 08111-2111 -121″ kata Anne. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours