Manasin Mobil Terlalu Lama? Hentikan Kebiasaan Itu, Ini Waktu yang Ideal

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Anggapan semakin lama mobil panas maka performa mesinnya semakin baik masih sangat kuat di masyarakat. Namun tahukah Anda kalau kebiasaan tersebut ternyata bisa berdampak buruk pada kendaraan dan lingkungan?

“Tidak perlu memanaskan mesin terlalu lama, misalnya 20-30 menit atau lebih,” kata pakar otomotif Yannes Martinus Pasaribu, Sabtu (17/8/2024).

Memanaskan mobil dalam waktu lama dapat berdampak buruk pada mesin dan lingkungan. Proses ini menyebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna sehingga meningkatkan emisi gas berbahaya seperti karbon monoksida dan nitrogen oksida yang menyebabkan polusi udara.

Selain itu, memanaskan mobil dalam waktu lama dapat mempercepat keausan komponen mesin seperti piston dan dinding silinder karena mesin berjalan tanpa beban yang cukup. Hal ini dapat mengurangi masa pakai alat berat dan meningkatkan biaya perawatan.

Yannes mengatakan: “Gas buang yang dihasilkan mengandung uap air. Jika mobil dipanaskan dalam waktu lama tanpa dikendarai, uap air ini dapat menumpuk di pipa knalpot dan mempercepat proses pencemaran.”

Memanaskan mobil dalam waktu singkat sudah cukup untuk memastikan oli mesin terdistribusi dengan baik sebelum dikendarai. Dengan teknologi mesin modern saat ini, mobil hanya membutuhkan waktu pemanasan singkat, biasanya sekitar 30 detik hingga 1 menit, sebelum siap digunakan, ujarnya.

“Hanya membutuhkan waktu 30 detik hingga 1 menit untuk memanaskan mobil modern. Itu cukup agar oli mesin bisa mengalir ke seluruh bagian mesin,” kata Yannes.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours