FIP UMJ Gelar Turnamen Badminton Antar Sekolah dan Universitas Se-Jabodetabek

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) menggelar turnamen bulu tangkis ganda antar sekolah dan universitas se-Jabodetabek. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian FIP Cup V yang dilaksanakan di Aula Bulutangkis UMJ.

Sebanyak 43 tim dari 29 sekolah dan 14 universitas bertanding pada babak penyisihan pada Sabtu (22/06/2024). Babak semifinal dan final kemudian dilanjutkan pada Rabu (26/06/2024).

Pada babak terakhir, Rektor UMJ Prof. Ma’mun Murod, M. turut hadir untuk menyerahkan hadiah kepada para juara turnamen bulutangkis FIP CUP V.

Pada tingkat sekolah, SMP Islam Panglima Besar Soedirman berhasil meraih Juara 1, disusul Juara 2 SMAN 3 Tangsel dan Juara 3 SMAN 5 Tangsel.

Muhammad Julian Febrian dan Muhammad Fikri Fauzan, siswa SMA Islam Panglima Besar Soedirman mengungkapkan kebahagiaannya setelah berhasil meraih juara pertama. Mereka mengaku telah berlatih di klub bulu tangkis tersebut untuk mempersiapkan kompetisi.

“Kami sangat senang dan terharu bisa meraih juara pertama. Seru dan nyaman juga saat bertanding karena fasilitas UMJ bagus, lapangan berkarpet, dan lingkungan sejuk,” kata Julian.

Sedangkan Universitas Gunadarma menjadi juara ketiga, disusul peringkat kedua Universitas PGRI Indraprastha dan peringkat ketiga Universitas Pamulang.

Gavi Setriadi dan Artha, keduanya mahasiswa Universitas Gunadarma mengaku mengikuti kompetisi bulutangkis FIP Cup V karena mengetahuinya dari salah satu teman panitia. Keduanya telah berkompetisi secara profesional di bulu tangkis dan tergabung dalam klub bulu tangkis sehingga dipersiapkan saat memasuki turnamen UMJ.

“Fasilitas UMJ sudah bagus. Kalau saya ikut lomba bulutangkis antar mahasiswa, hanya UMJ yang lapangan dan shuttlecocknya bagus. Sebagai pemain bulutangkis harus melihat dari aspek shuttlecock ya, UMJ menyediakan shuttlecock yang stabil dan bagus, perlu menjaga kualitas untuk turnamen berikutnya,” jelasnya. Gavi.

FIP Cup merupakan program gabungan antara organisasi kemahasiswaan FIP UMJ, badan eksekutif mahasiswa, himpunan mahasiswa lingkungan FIP UMJ dan Himpunan Mahasiswa Muhammad, Komisariat FIP ​​UMJ. Ajang tahunan FIP Cup dibuka resmi oleh Ma’mun Murod di Auditorium FIP UMJ pada Rabu (19/06/2024).

Rangkaian FIP Cup V diawali dengan seminar pemuda bertema “Pemuda Progresif, Indonesia Progresif” dan akan berlangsung pada 19 Juni hingga 29 Juni 2024. MTQ dan eSports (Mobile Legends). V Final FIP Cup akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2024.

Universitas Muhammadiyah Jakarta memperoleh akreditasi tertinggi dari Dewan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tanggal 5 Maret 2024. Tahun ini, UMJ, kampus tertua di antara 173 PTMA, telah melahirkan 22 orang guru besar, salah satunya masih sangat muda yakni 33 tahun sarjana hukum. UMJ juga mempunyai 16 program pendidikan dengan akreditasi tinggi dan 2 program pendidikan dengan akreditasi.

Dengan akreditasi yang tinggi, UMJ sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTMA) tertua, UMJ dapat meningkatkan profesionalisme dan produktivitas, serta memantapkan budaya keilmuan yang tinggi berlandaskan Al Islam Kemuhammadiyyahan. UMJ telah menghasilkan sedikitnya 51.093 lulusan yang tersebar dan aktif di berbagai bidang serta berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours