Jadi Perusahaan Pembayar Pajak Terbesar, BRI Diapresiasi Oleh Negara

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjadi salah satu dari 20 kelompok usaha di Indonesia yang akan membantu pembayaran pajak terbanyak pada tahun 2023. Indonesia (DJP Kemenkeu) pun mengucapkan syukur dalam sebuah acara bertajuk “Malam Apresiasi dan Penghargaan Hari Pajak 2024” yang diselenggarakan di Kantor Pusat DJP, Jakarta, pada Jumat (26/7/2024). 

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, bukan nama wajib pajak yang disebutkan, melainkan kredit yang diberikan kepada kelompok perusahaan yang sebenarnya paling banyak membayar pajak. “Pada dasarnya yang kita lakukan malam ini adalah, bagaimana kita bisa bersatu dan mempunyai pemahaman bahwa pajak adalah milik negara, pajak pada umumnya dipungut dan untuk kepentingan bangsa, dan membayar pajak adalah kewajiban yang patut dimanfaatkan. dari.” Manfaatkan itu. wilayahnya,” kata Suryo.

Dalam acara khusus, Direktur Utama BRI Sunarso menegaskan BRI sebagai perusahaan pelat merah mempunyai peran sebagai value agent dan development agent. Untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut secara bersamaan, BRI perlu memperoleh keuntungan.

Sunarso menegaskan, sebagai “bank rakyat”, keuntungan yang diperoleh BRI pada akhirnya akan dikembalikan kepada negara sebagai pemegang saham mayoritas, dan selanjutnya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat Indonesia melalui berbagai program pemerintah.

“Ketika ada keuntungan atau nilai keekonomian, maka BUMN bisa mempunyai modal untuk menciptakan nilai sosial sehingga perekonomian bisa berputar. BRI telah membuktikan sejauh ini bisa muncul dari peran nilai ekonomi dan nilai sosial.” kata BRI Sunarso.

Sejak awal tahun 2019 hingga akhir triwulan I tahun 2024, BRI telah menyumbang Rp 192,06 triliun ke kas negara. Rinciannya, tahun 2019 BRI mematok Rp26,56 triliun, tahun 2020 menetapkan Rp28,38 triliun, tahun 2021 menetapkan Rp27,09 triliun, tahun 2022 menetapkan Rp34,18 triliun, dan tahun 2023 menetapkan Rp3 triliun. Sedangkan 3 bulan pertama tahun 2024, BRI menyetorkan dana sebesar Rp31,03 triliun ke kas. Setoran ini berasal dari pembayaran pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan materai, pajak badan, dividen, dan pajak negara.

Di bawah ini daftar 20 perusahaan pembayar pajak terbesar tahun 2023. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Grup Djarum – Grup Robert Budi Hartono Adaro – Grup Garibaldi Thohir Bayan Resources – Grup Low Tuck Kwong Indofood – Grup Anthoni Salim Sinarmas – Grup Indra Widjaja Gudang Garam – Grup Susilo Wonowidjojo Indika Energy – Grup Hapsoro MedcoEner Mr . Tim Arifin Panigoro Musim Mas – Tim Sayap Bachtiar Karim – Ir. Eddy William Katuari Trakindo Group – Rachmat Mulyana Hamami Agung Sedayu Group – Susanto Kusumo CT Corp Group – Chairul Tanjung Harum Energy Group – Lawrence Barki Triputra Group – Ny. T.P. Racmat L. R. Imanto PT Pertamina (Pesero) PT Perusahaan Usaha Negara (Persero) PT Pupuk Indonesia (Persero) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours