NASA Dituding Bantu Penelitian China Kembangkan Teknologi Luar Angkasa dan Militer

Estimated read time 1 min read

NEW YORK: Sebuah laporan kongres menyatakan bahwa militer Tiongkok mungkin telah menerima dukungan dari penelitian yang didanai NASA untuk meningkatkan program militer, luar angkasa, dan kapal selamnya.

Seperti dilansir Wion News, laporan yang disampaikan oleh anggota Komite Khusus Kongres Rakyat Nasional Partai Komunis Tiongkok dari Partai Republik menyatakan bahwa lembaga-lembaga AS dan Tiongkok telah bersama-sama menerbitkan lebih dari 1.000 artikel penelitian dengan dukungan finansial dari NASA.

Laporan tersebut menimbulkan kekhawatiran mengenai studi kabut yang disponsori NASA di Laut Chukchi-Beaufort dengan China Sea University, yang memiliki hubungan resmi dengan Akademi Kapal Selam Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Studi lain berfokus pada pengukuran suhu laut melalui satelit yang dilakukan oleh para peneliti dari China Ocean University, Qingdao National Laboratory of Ocean Science and Technology, dan Chinese Academy of Space Technology.

Perlu dicatat bahwa selama dekade terakhir, terdapat 9.000 contoh publikasi penelitian yang didanai oleh Pentagon AS atau komunitas intelijen dan rekan penulis yang memiliki hubungan dengan lembaga-lembaga Tiongkok.

Laporan tersebut memperingatkan bahwa karena kurangnya perlindungan hukum seputar penelitian yang didanai pemerintah federal, pengetahuan yang diperoleh telah membantu Tiongkok.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours