Pemkot Palu siapkan lima ton beras pada pasar murah peringati HUT RI

Estimated read time 2 min read

Palu, Sulawesi Tengah dlbrw.com – Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyiapkan lima ton beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pasar murah dalam rangka memperingati 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. (RI).

“Hari ini kami siapkan tiga ton beras dan 50 barel atau 600 liter minyak goreng. Lima ton beras sudah kami siapkan di hari kedua,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu Zulkifli di Palu, Tengah. Sulawesi. Jumat.

Dijelaskannya, kegiatan pasar rendah ini digelar selama dua hari dalam rangka Pekan QRIS Nasional.

Ia mengatakan rendahnya harga pasar merupakan salah satu cara pemerintah menjaga stabilitas harga bahan pokok dan mengendalikan inflasi negara.

Di pasar yang berharga ini, kata dia, Pemerintah Palu mendukung sejumlah pangan bagi masyarakat kurang mampu yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH), sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mendekatkan pasar dengan harga yang wajar.

Ia mengatakan, produk binaan pemda yakni beras premium dijual Rp50 ribu per 5 kilogram, tepung terigu Rp10 ribu per kilogram, gula pasir Rp13 ribu per kilogram, minyak tetap Rp12 ribu per liter, bawang putih Rp35 ribu per kilo, dan bawang merah Rp15 ribu per kilo.

Dia menjelaskan, satu-satunya cara untuk mendapatkan pangan bersubsidi pemerintah adalah dengan membawa kartu PKH dan KTP. Pembelian beras kemasan dibatasi 10 kilogram per orang.

Kemudian untuk sektor nonkeuangan, masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga yang sangat murah dibandingkan harga pangan di pasar tradisional, karena merupakan penjualan langsung, ujarnya.

Dalam pembukaan pasar murah tersebut, pihaknya menggandeng Perum Bulog dan Bank Indonesia.

Menurut dia, Bank Indonesia ikut serta dalam penyaluran beasiswa bagi masyarakat yang melakukan transaksi dengan QRIS dalam rangka Pekan QRIS Nasional.

Pemerintah Palu memiliki 21 pedagang atau distributor di pasar berharga ini. Zulkifli yakin masyarakat bisa memanfaatkan pasar murah secara maksimal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours