IEU-CEPA Sudah 9 Tahun Belum Selesai, Mendag: Mudah-Mudahan September

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com JAKARTA: Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengindikasikan perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (IEU-CEPA) telah mencapai hampir 90% operasional.

Hampir 90% masih kecil, kata Zulkifli Hasan usai rapat kerja dengan Komite Keenam DPR RI di Kompleks DPR RI, Jakarta.

Ia menambahkan, perundingan perjanjian perdagangan diharapkan selesai pada September tahun ini.

“Mudah-mudahan bulan September IEU-CEPA selesai,” ujarnya.

Sekadar informasi, Indonesia sedang menyelesaikan perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-UE (IEU-CEPA). Perjanjian IEU-CEPA diharapkan dapat mengatasi berbagai hambatan perdagangan antara Indonesia dan UE.

Mencapai kesepakatan dengan UE tidaklah mudah. Perundingan IEU-CEPA berlangsung selama sembilan tahun. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari penandatanganan perjanjian perdagangan dengan UE, seperti pembebasan tarif terhadap produk Indonesia yang diekspor ke negara UE.

UE merupakan mitra dagang penting bagi Indonesia karena pasarnya yang besar dan sebaliknya. Oleh karena itu, baik Indonesia maupun Uni Eropa berkomitmen untuk menyelesaikan perundingan dalam waktu dekat.

Perjanjian perdagangan antara Indonesia dan UE akan membawa banyak manfaat tidak hanya dalam kaitannya dengan pengecualian tarif/impor, tetapi juga pada isu-isu lain seperti peraturan deforestasi UE (EUDR) dan mekanisme penyesuaian batas karbon (CBAM). IEU-CEPA dapat menjadi landasan hubungan dagang antara Indonesia dan UE.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan diplomasi perdagangan harus diakhiri sebelum pemerintah dapat bertransformasi menjadi presiden yang terpilih secara demokratis, Prabowo Subianto, pada Oktober 2024.

Zulkifli mengatakan, neraca perdagangan Indonesia saat ini tercatat surplus selama 51 bulan berturut-turut. Hal ini harus terus diperkuat dengan mengatasi hambatan perdagangan melalui perjanjian diplomatik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours