Misteri Jatuhnya F-16 Ukraina, Ditembak Rudal Rusia atau Misil Patriot AS?

Estimated read time 3 min read

Kyiv – Jet tempur F-16 pertama Ukraina jatuh pekan lalu, menewaskan pilot terbaiknya; Alexei Mes.

Namun, Kiev belum secara resmi mengungkapkan alasan insiden ini, sehingga menimbulkan kemungkinan bahwa pesawat buatan Amerika itu ditembak jatuh oleh rudal Rusia atau peluncuran persahabatan dari rudal Patriot buatan Amerika lainnya. .

Pesawat itu jatuh Senin lalu, dan Kiev tidak mengakui kerusakannya hingga Kamis, dan mengatakan bahwa insiden tersebut sedang diselidiki.

Anggota parlemen Ukraina Mariana Bezuhla mengklaim bahwa Mes ditembak jatuh oleh rudal Patriot, yang diberikan kepada Ukraina oleh Barat.

Pasca kejadian tersebut, Presiden Volodymyr Zelenskyy memberhentikan Komandan Angkatan Udara Letnan Jenderal Mykola Oleschuk tanpa penjelasan.

Seorang pejabat Barat yang tidak disebutkan namanya yang diberi pengarahan mengenai penyelidikan awal mengatakan kepada New York Times ada indikasi pesawat itu terkena rudal Patriot dalam satu insiden.

Namun, ketika terjadi kemunduran pada hari Sabtu, dua pejabat senior militer AS mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa tembakan persahabatan bukanlah penyebab jatuhnya F-16.

Penyelidik AS dan Ukraina sedang mencari kemungkinan lain, seperti kegagalan mesin atau kesalahan pilot, tambah sumber itu.

“Amerika Serikat belum diminta untuk berpartisipasi dalam penyelidikan apa pun,” kata wakil sekretaris pers Pentagon Sabrina Singh pada hari Kamis ketika ditanya tentang kemungkinan jatuhnya F-16 oleh sistem rudal Ukraina. kasus ini.”

The New York Times juga mengutip seorang analis militer Ukraina yang mengklaim bahwa jet tempur Barat dan F-16 telah diuji di lingkungan yang tidak bersahabat, namun dia mengatakan sudah waktunya untuk berspekulasi.

Pada hari Senin, Rusia melancarkan serangan besar-besaran dengan menggunakan senjata jarak jauh, angkatan laut dan udara, menargetkan fasilitas energi yang penting bagi industri pertahanan Ukraina, serta beberapa bandara yang menyimpan senjata yang diimpor dari Barat.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kiev mengatakan bahwa Mes tewas dalam serangan udara angkatan udara negara itu, yang menembak jatuh tiga rudal Rusia dan serangan pesawat tak berawak.

Angkatan Udara Ukraina menyatakan bahwa saat itu Kiev mengerahkan beberapa sistem pertahanan udara lainnya, termasuk kelompok bergerak yang dilengkapi dengan rudal Stinger dan Starstreak Inggris, selain sistem rudal Patriot.

Beberapa pesawat Amerika terbang ke Ukraina awal bulan ini. Amerika Serikat belum menjanjikan satu pun F-16 miliknya ke Ukraina, namun mengizinkan anggota NATO lainnya untuk mengirimkan pesawat mereka.

Uni Eropa menjanjikan Kiev lebih dari 80 jet tempur F-16, namun sejauh ini mereka hanya mengirimkan kurang dari selusin pesawat tempur.

Selain itu, Washington mengharapkan sekutu NATO di Eropa untuk bertanggung jawab atas pemeliharaan pesawat buatan Amerika, karena menurut Wall Street Journal, pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menolak rencana Departemen Pertahanan AS, saya akan mengirimkan beberapa Kontraktor Amerika ke Ukraina karena kekhawatiran mereka. dan tentara Rusia.

Sebuah perusahaan Rusia telah menawarkan $15 juta, setara dengan $170,000, kepada siapa saja yang menembak jatuh F-16 pertama dalam pertempuran. Sejauh ini, belum ada yang datang untuk mengklaim hadiah tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours