Liga pingpong Indonesia segera bergulir dengan empat seri kompetisi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Turnamen Tenis Meja Indonesia Table Tennis League (IPL) 2024 akan dimulai dengan rangkaian empat turnamen yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi para petenis meja tanah air dan membawa mereka ke kancah internasional.

Ketua Panitia IPL 2024 Yon Mardiono di Jakarta, Rabu mengatakan, “IPL bisa menjadi oase ketika di tanah air belum ada turnamen tenis meja, apalagi sistem turnamen ini mencakup liga-liga top Eropa.”

Dijelaskannya, sistem turnamen IPL terinspirasi dari liga tenis meja papan atas Eropa seperti Swedia dan Jerman, sehingga IPL menghadirkan tiga seri reguler dan satu seri grand final.

Mantan pemain tenis meja itu berharap IPL bisa membuat database atau referensi atlet yang cocok untuk pelatnas Indonesia.

Dikatakannya, IPL mempunyai visi dan misi menjadi turnamen tenis meja Indonesia yang mempunyai database. Menurutnya, turnamen profesional diperlukan untuk menginformasikan basis pemain baik dari segi peringkat maupun pasar.

Liga ini kini bisa menjadi tolak ukur perkembangan klub-klub Indonesia, tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, IPL 2024 memberikan syarat ketat bagi klub peserta. Setiap klub peserta harus memiliki tempat latihan, struktur manajemen, dan kontrak pemain formal.

Klub wajib menandatangani kontrak dengan pemainnya selama satu musim (enam bulan) agar tidak melakukan transfer pemain dalam satu musim.

Klub juga wajib mewajibkan atlet melalui kontrak dan surat beasiswa, serta bonus Rp2 juta dan maksimal Rp25 juta per bulan, tutupnya.

IPL 2024 akan terdiri dari tiga seri dan grand final. IPL Seri 1 akan digelar pada 25-28 Juli di Aula Oemar Basri Syaaf, Jakarta. Turnamen ini gratis untuk penggemar tenis meja.

Mardiono menambahkan, akan diadakan turnamen pra-IPL untuk menentukan klasifikasi dan pembagian klub-klub IPL sebelum turnamen resmi IPL dimulai.

Tiga divisi yang akan dibentuk pada turnamen pra IPL ini yaitu Divisi Elite, Divisi Satu, dan Divisi Dua. Kemudian divisi elite akan ditempati oleh tim-tim terpilih dari masing-masing grup.

Sementara itu, mereka berada di urutan kedua di setiap pool di belakang Premier League. Tempat ketiga di setiap divisi akan dipertimbangkan untuk liga kedua. Seleksi putaran kedua akan dilaksanakan pada 11-13 Juli.

Selain itu, pertandingan babak ketiga akan digelar pada 8-10 November, sedangkan babak final digelar di Hall Basket GBK Jakarta pada 6-8 Desember.

Mardiono mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya IPL 2024, antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman dan para sponsor. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours