Kenapa Kode Telepon Indonesia +62, Ternyata Ini Penjelasannya

Estimated read time 2 min read

Jakarta – Kode panggilan Indonesia +62 sering kita dengar, bahkan sudah menjadi identitas warga negara kita. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Indonesia menggunakan kode tersebut?

Kode telepon internasional ini dikelola oleh sebuah organisasi bernama International Telecommunication Union (ITU), sebuah badan internasional yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1865.

ITU membagi seluruh dunia menjadi beberapa wilayah, dan setiap wilayah memiliki kode awal yang berbeda. Karena letak geografisnya yang dekat dengan Oseania dan Australia, Indonesia diklasifikasikan sebagai salah satu dari enam wilayah.

ITU berperan dalam berbagi spektrum radio global dan orbit satelit, serta mengembangkan standar teknis untuk memastikan jaringan dan teknologi saling terhubung.

Seperti dilansir The Guardian ITU, kode telepon dibuat pada awal tahun 1960-an yang membagi negara menjadi sembilan wilayah, antara lain:

Wilayah 1: Amerika Utara dan Tengah

Wilayah 2: Afrika

Wilayah 3: Eropa

Wilayah 4: Eropa

Wilayah 5: Amerika Selatan

Area 6: Oseania, Australia dll.

Wilayah 7: Rusia

Wilayah 8: Asia Timur

Wilayah 9: Asia Barat dan Timur Tengah

Menurut informasi yang diperoleh dari website Indonesia Good, Indonesia terletak di Asia Tenggara, secara geografis berdekatan dengan Oceania dan Australia. Oleh karena itu, menurut pembagian wilayah yang dibuat oleh ITU, Indonesia termasuk dalam Zona 6.

Kode area kemudian digunakan sebagai digit pertama nomor telepon Indonesia, sedangkan angka kedua menunjukkan bandwidth jaringan di negara tersebut. Jadi kode telepon Indonesianya adalah +62.

Namun untuk melakukan panggilan internasional, pengguna harus membubuhkan tanda tambah (+) di depan kode. Tanpa tanda ini, 62 akan menjadi angka biasa.

Menambahkan tanda tambah (+) memungkinkan Anda melakukan panggilan internasional, sedangkan menambahkan angka 0 sebelum kode telepon membatasi jangkauan hanya untuk panggilan lokal.

Selain Indonesia, beberapa negara lain yang memiliki kode +6 pertama adalah:

Malaysia: +60

Australia: +61

Filipina: +63

Selandia Baru: +64

Singapura: +65

Thailand: +66

Oleh karena itu, kode area +62 untuk Indonesia bukanlah angka sembarangan. Ada sistem dan perhitungan yang menentukan pengaturan kode negara ini. Kode +62 tidak hanya berfungsi sebagai identitas suatu negara, tetapi juga membantu kita berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours