Situs berskala besar dari Zaman Neolitikum Akhir ditemukan di China

Estimated read time 1 min read

Guangzhou dlbrw.com – Penggalian arkeologi di kota Guangzhou, Tiongkok selatan, menemukan lebih jauh situs Neolitik Akhir yang kaya akan artefak berusia 4.600 hingga 4.300 tahun lalu, kata Institut Warisan Budaya dan Arkeologi Guangzhou, Jumat. /8).

Terletak di Kabupaten Huangpu, situs Gancaoling adalah kumpulan reruntuhan Neolitikum akhir. Pada survei terakhir, di lokasi tersebut ditemukan 143 kuburan, 140 asbak atau lubang tanah, 125 lubang pilar, serta 341 potongan atau set sisa-sisa, termasuk ornamen tembikar dan batu giok.

Penemuan ini menjadikan Gancaoling sebagai situs Neolitikum Akhir dengan jumlah makam terbesar yang pernah ditemukan di provinsi Guangdong, dengan peninggalan kompleks, beragam konten, dan sejumlah besar artefak yang belum digali, kata Zhang Qianglu, kepala Institut Warisan Budaya dan Arkeologi Guangzhou.

Sejak tahun 2017, lembaga tersebut telah melakukan penggalian dan penelitian di situs Gancaoling.

“Temuan ini mengungkap artefak fisik penting dalam konstruksi rangkaian budaya arkeologi dari akhir Neolitik hingga awal Dinasti Han (202 SM – 25 M) di Guangzhou dan bahkan di wilayah Delta Sungai Mutiara,” kata Zhang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours