Casio Rilis Robot Berbulu untuk Dipeluk dan Menenangkan Pemiliknya

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Casio membuka pre-order robot bernama Moflin yang bentuknya mirip hamster dan kembar tiga dari Star Trek. Berbeda dengan robot anjing Sony, Aibo, yang bisa mengikuti pemiliknya, Mofflin dirancang khusus untuk basah dan dibawa.

Seiring berjalannya waktu, menurut Casio, Moulin mengenali siapa tuannya. Selain itu, perusahaan juga menciptakan emosi sosial kreatif yang diekspresikan melalui suara dan gerakan khusus.

Awalnya dikembangkan bekerja sama dengan startup Jepang bernama Vanguard Industries, Moflin kini diproduksi dan didistribusikan oleh Casio. Moflin dapat dipesan di muka seharga ¥59.400 (sekitar Rs 6,2 juta) dan diharapkan tersedia pada 7 November.

Casio juga menawarkan opsi yang disebut Club Mufflin seharga 6.600 yen per tahun, yang menawarkan diskon untuk perbaikan, pemeliharaan, dan penggantian bahkan jika terjadi kerusakan. Dalam keterangannya, Casio mengatakan Moflin tidak dirancang sebagai mainan seperti Aibo milik Sony.

Mouffle dimaksudkan sebagai teman yang menyenangkan dan dapat menjadi alat untuk membantu meningkatkan kesehatan penggunanya, seperti Kobo, si kucing tanpa kepala. “Saat dipegang, gerakan kepala dan tubuh mouflon yang terbatas dimaksudkan untuk memberikan kesan bahwa robot lucu ini sedang mencoba meraih Anda. “Seiring banyaknya perangkat yang dirilis tahun ini, banyak juga yang didukung AI,” Casio, dilansir The Verge, Senin (14/10/2024).

Mofflin akan belajar tentang orang-orang yang paling sering berinteraksi dengannya, melalui suara mereka, dan cara mereka memperlakukan robot. Moflin juga akan merespon dengan suara dan gerakan khusus hanya untuk memberitahu orang yang membuat koneksi.

Robot ini juga dirancang untuk memiliki simulasi emosi dan perilakunya sendiri, yang dapat berubah seiring waktu. Dengan komunikasi yang terus menerus, ia akan bahagia, aman dan tenang. Jika diabaikan, robot-robot ini dapat mengganggu, mengganggu, dan membuat depresi.

Namun, mengingat kemampuan mouflon untuk mengekspresikan emosi, robot tidak mengeluarkan suara, atau menunjukkan gerakan yang mengindikasikan stres. Casio mengatakan bahwa emosinya hanya dapat ditentukan melalui penerapannya.

Untuk meningkatkan ilusi mouflin sebagai makhluk hidup, alih-alih dipasangi kabel USB, robot ini dilengkapi dengan tempat tidur kecil yang digunakan untuk mengisi daya. Casio memperkirakan baterainya mampu bertahan hingga lima jam jika terisi penuh.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours