Penyebab Penjualan Motor Listrik di Indonesia Naik 3 Kali Lipat Setiap Tahunnya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Penjualan sepeda motor baru sekitar 6 juta unit dalam setahun, dan Indonesia merupakan pasar terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Hal ini menunjukkan bahwa sepeda motor merupakan alat transportasi utama di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, sepeda motor listrik telah memasuki pasar Indonesia. Dengan sejumlah keunggulan dari segi efektivitas biaya dan dukungan pemerintah, sayangnya penjualan sepeda motor listrik masih belum mencapai target yang diinginkan pemerintah.

Berdasarkan riset tren, penjualan sepeda motor listrik justru akan tumbuh lebih dari 3 kali lipat pada tahun 2022 hingga 2023. Namun penetrasinya masih tertinggal dibandingkan kendaraan listrik.

Pada tahun 2023 saja, penetrasi sepeda motor listrik hanya akan menyumbang sekitar 1% dari penjualan unit sepeda motor baru. Pada saat yang sama, penjualan mobil listrik mencapai lebih dari 2 persen total volume penjualan mobil.

Meski beberapa tahun lalu pasar memperkirakan penjualan sepeda motor listrik akan melebihi penjualan mobil, namun kenyataannya justru sebaliknya.

Selain itu, hasil riset pasar juga menunjukkan bahwa masih banyak hal mengenai mobil listrik yang perlu ditingkatkan agar dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

Mengakui dan memahami kekhawatiran calon pembeli terhadap kendaraan listrik sekaligus memberikan solusi atau informasi yang menarik.

“Melihat perkembangan sepeda motor listrik saat ini, sepertinya belum ada produk yang benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat. Kebanyakan orang mengetahui bahwa sepeda motor listrik tidak digunakan untuk jarak jauh, throttle tidak maksimal, atau bingung. di mana mereka berada. . Raditya Wibowo, direktur sebuah perusahaan sepeda motor listrik di Indonesia, mengatakan: “Hal-hal mendasar ini berkaitan dengan sepeda motor listrik.”

Maka sepeda motor listrik yang memiliki performa dan ketangguhan setara dengan sepeda motor berbahan bakar bensin adalah yang dibutuhkan konsumen.

Pasalnya, sepeda motor listrik yang beredar di pasaran saat ini belum mampu memenuhi permintaan konsumen Indonesia akan sepeda motor dengan performa, daya tahan, dan keandalan yang baik. Pada dasarnya tidak ada sepeda motor listrik yang bagus dan berkualitas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours