Pelindo gelar “Developing Great Maritimepreneur” dukung UMK maritim

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyelenggarakan program pelatihan “Pelindo 2024 Pengembangan Wirausahawan Utama Maritim” untuk mendukung pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK) di bidang maritim.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan UMK di bidang kewirausahaan, mengemas dan mendukung program pembangunan berkelanjutan UMK.

“Sebanyak 65 UMK angkatan yang mengikuti program pelatihan ini, dipilih dari 500 UMK yang mendaftar. Ini tim UMK yang menyaring perwakilan dari kantor pusat, kantor wilayah 1, 2, 3,” kata Kepala Dinas Sosial dan Sosial Pelindo. Tanggung Jawab Lingkungan, Febrianto Zenny dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Acara ini diadakan di Pelindo Tower Jakarta bekerja sama dengan PT Cahaya Abadi Berkarya (Kabera).

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo yang mengedepankan pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya di bidang maritim.

Melalui program TJSL, Pelindo bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasinya dengan memberikan dukungan berkelanjutan kepada UMK, termasuk pelatihan, pendampingan, dan akses pasar.

Pelindo Maritimepreneur Hebat Berkembang 2024 akan menghadirkan sejumlah pembicara berpengalaman antara lain Founder dan CEO Bisatumbuh Chico Maradona, SM MSE Inkubasi Telkom Adrian Sani Harahap, Pakar Packaging Vici Herlambang, Komisaris Utama dan Founder PT MAI Afit Andriadi, Sales Director Ciomy dan Manajer LPS Okyset . Romles Siman Yuntak.

Mereka memberikan materi mengenai kewirausahaan, pengemasan, pemberdayaan UMK, berbagi tips sukses dan menyiapkan UMK Plasma.

Sementara itu, Annisa Karima dari Unit Pemantauan dan Pelaporan Program Pelindo TJSL menjelaskan, dari hasil pelatihan tersebut, Pelindo telah mampu melakukan supervisi terhadap MMP yang baru didampingi dan berniat untuk terus meningkatkan MMP melalui serangkaian acara pelatihan.

Langkah selanjutnya adalah mendorong BPOM dan sertifikasi Halal sesuai kebutuhan UMK.

“Selain itu, kami juga membantu dari sisi pemasaran. Salah satunya berjualan di tempat kebanggaan lokal dan pameran baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Sedangkan Local Pride Spot merupakan ajang memamerkan produk-produk unggulan mitra binaan Pelindo.

Pelindo berharap melalui program pelatihan ini, UMK mampu tumbuh menjadi pelaku usaha yang kuat dan berdaya saing tinggi serta mendukung pertumbuhan perekonomian negara, khususnya di sektor maritim.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours