10 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Estimated read time 6 min read

JAKARTA – Teks sampel adalah jenis teks kebahasaan yang berupaya memberikan contoh atau teladan melalui cerita nyata atau khayalan. Tujuannya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Contoh struktur teks

Struktur teks sampel biasanya terdiri dari tiga bagian:

1. Prasangka

Contoh teks awal ini berisi pengenalan tokoh-tokoh dalam cerita.

Baca juga: 10 Contoh Tulisan Reporter Bahasa Inggris yang Meliput Berbagai Jenis Berita

2. Peristiwa

Seperti namanya, contoh teks bagian selanjutnya menyajikan masalah yang dihadapi oleh karakter yang baru diperkenalkan di bagian orientasi.

3. Interpretasi

Bagian terakhir dari contoh teks melengkapi cerita saat ini. Biasanya di bagian ini Anda bisa menemukan konsekuensi, penilaian, dan pesan moral yang diterima oleh tokoh-tokoh dalam cerita.

Di bawah ini adalah 10 contoh teks berbeda dengan struktur yang baik. Contoh contoh teks berjudul “Mendapatkan Tilang Polisi”.

Arah

Budi adalah seorang siswa sekolah menengah. Dia berusia 14 tahun dan mengendarai sepeda motornya ke sekolah setiap hari. Namun, karena usianya baru 14 tahun, ia belum memiliki SIM.

Peristiwa

Suatu hari dia berangkat sekolah seperti biasa, namun lupa memakai helm. Saya tiba-tiba dihentikan oleh polisi di persimpangan dekat lampu merah. Polisi kemudian meminta SIM kepada Budi, dan STNK ditilang karena tidak memilikinya.

Interpretasi

Baca Juga: 20 Contoh Teks Berita TV Pendek dengan Topik Berbeda Dari kejadian tersebut, Budi jadi paham bahwa perlengkapan berkendara harus digunakan setiap saat. Anda tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga membahayakan pengguna jalan lainnya. Setelah kejadian itu, Budi tidak mau lagi bersekolah sendirian. Ia lebih memilih bersama ayahnya yang sudah memiliki SIM.

2. Contoh contoh teks berjudul “Kecerobohan Itu Berbahaya”

Arah:

Nama saya Sari dan hobi saya membaca buku bergambar. Jika saya punya waktu luang, saya bisa membaca hampir setiap halaman buku, namun sayangnya karena kecerobohan saya, hobi ini membuat saya kehilangan uang.

Peristiwa:

Saat saya kelas 6 SD, saya didenda karena merusak buku yang saya pinjam dari perpustakaan. Saya meminjam buku berjudul “Akhlak Mulia”.

Baca juga: 15 Contoh Contoh Teks dan Strukturnya

Guru pustakawan memperingatkan kami untuk menjaga buku-buku yang kami pinjam agar tidak rusak, dan jika kami merusaknya, kami akan dikenakan denda. Setelah saya selesai membacanya, sepupu saya yang berusia 3 tahun merobek buku itu. Jadi guru perpustakaan mengolok-olok saya karena ceroboh dan saya harus membayar denda Rp. 30.000,00.

Interpretasi:

Aku bersyukur bisa mendapatkan uang tanpa harus membeli buku baru yang aku pinjam dan entah dimana aku bisa mendapatkannya.

3. Contoh contoh teks “Coffee School”

Arah

Sepulang sekolah, aku memutuskan untuk langsung menuju kosku daripada singgah di tempat biasanya. Ketika saya melihat dispenser di kamar asrama saya, saya berpikir alangkah baiknya minum kopi terlebih dahulu sebelum berbaring. Kebetulan stok kopi kami masih cukup banyak saat itu.

Peristiwa

Kopi sudah hampir jadi, dan aku ingin berangkat ke kost di lantai satu (kamarku di lantai dua) dengan membawa kopi yang baru diseduh.

Aku bertekad untuk membawa cangkir kopiku ke bawah, tapi aku sangat gugup untuk turun ke bawah sehingga tanganku kehilangan keseimbangan dan menumpahkan kopi di tangga, yang sering dilalui anak-anak.

Interpretasi

Berdasarkan pengalaman pribadi di atas, sebaiknya jangan terburu-buru saat mengangkut sesuatu, apalagi barang yang rapuh. Agar tidak terjadi hal buruk.

4. Contoh contoh teks berjudul “Kejujuran Anak”

Arah

Andi adalah siswa kelas 6 SD. dia tinggal bersama ibunya. Ibunya adalah seorang penjual kue. Dia menjual koran setiap kali dia kembali dari sekolah. Ia berjualan koran karena ibunya yang berjualan kue berpenghasilan kecil.

Peristiwa

Ia tidak dapat melanjutkan studinya karena kekurangan uang dan harus membantu ibunya mencari uang. Suatu hari, saat berjualan koran, dia menemukan “cek” atas nama Hamid sejumlah uang yang sangat besar. Dia mengambilnya dan mencoba mencari pemilik cek tersebut.

Interpretasi

Hikmah yang bisa dipetik dari kejadian ini adalah jika Anda menemukan sesuatu milik orang lain, itu bukan milik Anda dan Anda harus segera mengembalikannya, dan niat baik itu selalu membuahkan hasil.

5. Contoh contoh teks “Putri Tangguk”

Arah

Pada suatu ketika, ada seorang wanita tua yang sedang menjalin hubungan di desa Bunga Tanjung. Luas wilayahnya tidak terlalu luas, hanya seukuran alat pancing, namun hasil pemancingannya luas. Nama wanita tersebut adalah Putri Tanguk. Dia memiliki tujuh anak.

Peristiwa

Meski pagi hari masih dingin, Putri Tangku dan suaminya berangkat ke sawah untuk memanen padi guna memenuhi kebutuhan keluarga. Jalan menuju Huma yang ingin mereka capai sangat licin, Putri Tangku, suami, dan anak-anaknya kerap terpeleset.

Wanita paruh baya itu tampak marah. “Jalannya licin!” Kudengar Putri Tangkuk mengumpat.

Interpretasi

Sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, manusia tidak boleh sombong dan penakut.

6. Contoh contoh teks berjudul “Penyesalan Ahmed”

Arah

Pagi ini, Ahmed sibuk menatap ke cermin sambil bersiap menjadi ketua OSIS. Ahmed adalah anak seorang saudagar kaya. Meski demikian, Ahmed dikenal sebagai anak yang sopan dan murah hati.

Peristiwa

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi Ahmed. Seiring berjalannya waktu, persahabatan Ahmed dan Nando semakin renggang.

Interpretasi

Ahmed pun sangat menyayangkan hal tersebut. Jadi sesibuk apapun aktivitas kita, kita tidak boleh melupakan sahabat kita karena merekalah yang selalu menyemangati dan mendukung kita.

7. Contoh contoh teks berjudul “Pencurian”

Arah

Sabtu sore saya pulang dari lapangan futsal sekitar Kota Gavan. Main futsal saja disana. Begitu matahari terbenam di kost, aku langsung mandi.

Peristiwa

Minggu pagi, aku dan Devi terbangun di pagi hari yang kacau balau. kami dirampok. Saya kehilangan dua laptop, dua ponsel, modem dan tas saya. Seseorang mencurinya tadi malam.

Interpretasi

Kejadian ini merupakan peringatan besar bagi kita. Kedua tokoh tersebut harus waspada sejak saat itu.

8. Contoh contoh teks berjudul “Late Rising”

Arah

Jam dinding menunjukkan jam 6 pagi. Hmm, ini hari Senin! Sebelum saya menyadarinya, hari Minggu telah berlalu.

Peristiwa

Aku mengepalkan tinjuku dan sebuah pikiran muncul di benakku. Sekolah online dimulai pukul 08:00 hari ini saja! Mataku masih berat karena drama Korea yang kutonton hingga dini hari.

Interpretasi

Kejadian ini menjadi peringatan untuk berhati-hati dan banyak istirahat.

9. Contoh contoh teks berjudul “Orang Tak Dikenal”

Arah

Saya memiliki pengalaman buruk bulan lalu. Saat itu, saya pergi ke sebuah desa terpencil di selatan Jawa Barat. Aku akan pergi ke kota berikutnya.

Peristiwa

Seorang pria muda melambai ke arah saya di jalan. Ketika saya memarkir mobil, dia meminta tumpangan.

Interpretasi

Kejadian ini menyadarkan kami bahwa jika ingin membantu orang lain, kita harus berhati-hati.

10. Contoh contoh teks berjudul “Taati Lalu Lintas”

Arah

Suatu hari, aku dan adikku memutuskan untuk kembali ke Semarang pada hari Senin pagi untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Peristiwa

Selama perjalanan, saya membawa sepeda dengan penuh percaya diri dan kecepatan tinggi, namun saat itu saya tidak memiliki STNK atau SIM. Namun sayang ada selokan kecil di depan saya. Kami terluka dan dibawa ke rumah warga.

Interpretasi

Dari kejadian ini, saya memahami pentingnya mematuhi peraturan nasional, termasuk peraturan lalu lintas, dan menjadi lebih berhati-hati saat berkendara.

Berikut adalah contoh struktur teks dan contohnya. Saya harap informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours