Profil dan Biodata Jon Bon Jovi, Bintang Rock Legendaris Selamatkan Gadis yang Hendak Bunuh Diri

Estimated read time 5 min read

JAKARTA – Bintang rock kenamaan Jon Bon Jovi menarik perhatian masyarakat saat menyelamatkan seorang wanita yang hendak bunuh diri dengan melompat dari jembatan Seigenthaler. Rekaman kamera pengawas menunjukkan wanita tersebut memanjat pagar jembatan dan berdiri di tepi jembatan. Jon Bon Jovi dan seorang temannya kemudian mendekati wanita tersebut dan mencoba berbicara dengannya serta menenangkannya.

Jon Bon Jovi dan temannya menyelamatkan wanita tersebut dari tepi pagar jembatan dan memeluknya dengan hangat.

Aksi heroik Jon Bon Jovi yang terekam dalam video pengawasan menjadi viral di media sosial dan mendapat pujian dari masyarakat, khususnya Kepala Polisi Nashville John Drake.

“Kita semua perlu membantu satu sama lain untuk menjaga keamanan satu sama lain,” cuit Drake. Yang dibagikan di media sosial X.

Jon Bon Jovi dikenal sebagai seorang dermawan dan sangat sadar sosial. Ia telah membantu masyarakat berpenghasilan rendah dengan membuka empat restoran bernama Soul Kitchen yang berkonsep bayar sesuai pemakaian. Sebagai seorang yang berjiwa dermawan, John juga membantu membiayai perumahan dan perawatan medis.

Lantas bagaimana kehidupan pribadi dan perjalanan karier Jon Bon Jovi? Di bawah ini adalah profil dan karier musisi hebat tersebut.

Kehidupan pribadi Jon Bon Jovi Nama asli Jon Bon Jovi adalah John Francis Bongiovi Jr. Ia dibesarkan oleh orang tuanya, Carole Bongiovi dan John Bongiovi, yang bekerja sebagai penata rambut.

Ayah John adalah seorang pelaut keturunan Slovakia dan Italia sebelum bekerja sebagai penata rambut. Sedangkan ibunya, Carol Sharkey, merupakan mantan model keturunan Jerman dan Rusia. John memiliki dua saudara laki-laki bernama Anthony dan Matthew.

John memiliki impian menjadi bintang rock sejak masa remajanya. John sangat mengagumi bintang rock Bruce Springsteen dan Asbury Jukes yang sangat populer saat itu.

Ketika John berusia 16 tahun, dia mulai bermain musik di klub lokal. Saat bersekolah di sekolah menengah, dia bertemu pemain keyboard David Bryan. John dan David kemudian membentuk band beranggotakan 10 orang dan menamakannya Atlantic City Expressway.

Selain itu, John juga pernah tampil dengan band lain seperti The Rest, The Letchers, dan Jon Bon Jovi & The Wild Ones.

Baca juga: Rahasia 40 Tahun Pernikahan Jon Bon Jovi

John menikahi istrinya Dorothea Hurley pada tanggal 29 April 1989 di Las Vegas. John dan Dorothea bertemu saat mereka masih di sekolah menengah. John dan Dorothea memiliki tiga anak dari pernikahan ini: Stephanie Rose Bongiovi (1993), Jesse Bongiovi (1995), Jake Hurley Bongiovi (2002), dan Romeo John Bongiovi (2004).

Bintang rock dan aktor Jon Bon Jovi dikenal karena kemurahan hatinya. Saat tampil di Oprah Winfrey Show pada tahun 2005, band Bon Jovi menyumbangkan $1 juta kepada Angel Network Foundation.

Pada bulan Juli 2007, Jon Bon Jovi mengumumkan proyek untuk merehabilitasi blok perumahan 15 unit di Philadelphia Utara.

Tak hanya itu, pada tahun 2006, Jon Bon Jovi mendirikan Jon Bon Jovi Soul Foundation (sebelumnya bernama Philadelphia Soul Charitable Foundation). Yayasan mendukung upaya masyarakat untuk memutus siklus kemiskinan dan tuna wisma.

Pada tanggal 19 Oktober 2011, yayasan membuka JBJ Soul Kitchen, sebuah restoran komunitas di Red Bank, New Jersey. Di sana, pelanggan bisa membayar makanannya dengan uang atau sukarela sesuai kapasitasnya.

Pada tahun 2023, tiga lokasi Soul Kitchen tambahan telah dibuka di Toms River, Newark-Rutgers University dan College of New Jersey Gilligan Student Union.

Jon Bon Jovi juga salah satu dari 21 artis yang tampil di single amal Simon Cowell “Everybody Hurts” untuk membantu korban gempa bumi Haiti tahun 2010.

Perjalanan Karir Jon Bon Jovi Pada tahun 1980, Jon merekam single pertamanya yang berjudul “Runaway”. Lagu tersebut kemudian mendapat paparan besar di stasiun radio rock lokal WAPP di New York.

Lagu “Runaway” menjadi hit dan pada tahun 1983 John menandatangani kontrak dengan Mercury Records untuk mempromosikan “Runaway”, yang menempatkan nama John di peta. Keberhasilan upaya pertama membuat John menghubungi Richie Sambora, Alec John Such, Tico Torres, dan David Bryan untuk secara resmi membentuk band bernama Bon Jovi.

John dan bandnya Bon Jovi telah menjual lebih dari 120 juta album di seluruh dunia. Bon Jovi telah merilis “Bon Jovi” (Januari 1984), “7800 Fahrenheit” (April 1985), “Slippery When Wet” (Agustus 1986), dan “New Jersey” (1988) (September ), Keep the Faith (November 1992), dan These Days dikreditkan dengan merilis 10 album sukses. (Juli 1995), Crash (Juni 2000), Bounce (Oktober 2002), Have a Nice Day (September 2005), Lost Highway (Juni 2007).

Berbagai prestasi dan penghargaan juga telah diperoleh John, antara lain:

• Pada tahun 2009, Bon Jovi dilantik ke dalam Songwriters Hall of Fame.

• Pada tahun 1996, John dinobatkan sebagai salah satu dari “50 Orang Tercantik di Dunia” oleh majalah People.

• Pada tahun 2000, majalah yang sama menobatkan John sebagai bintang rock terseksi.

• Pada tahun 2000, dia juga masuk dalam daftar “100 Artis Terseksi” VH1.

• Pada tahun 2012, John menduduki peringkat ke-50 dalam peringkat Power 100 majalah Billboard sebagai orang paling berpengaruh di industri musik.

• Pada tahun 2012, Hit Parader menempatkan Jon Bon Jovi di peringkat ke-31 dalam 100 Penyanyi Heavy Metal Teratas.

Selain karyanya dengan band Bon Jovi, John muncul di Christmas in the Stars (1980), Blaze of Glory (1990), dan Destination Anywhere (1997). Ia juga merilis album solo bertajuk The Power Station Years (2001).

John tak hanya meniti karir di dunia musik, namun juga membintangi peran-peran kecil di film era 1990-an, seperti Moonlight and Valentino (1994), Leading Man (1996), dan Little City (1997). ), Homegrown (1998), No Looking Back (1998), U-571 (2000), Pay It Forward (2000), Vampir: Los Muertos (2002), Cry Wolf (2005), National Lampoon’s Catch (2006), dan Malam Tahun Baru (2011).

Ia juga tampil di beberapa acara televisi seperti Sex and the City, Ally McBeal, dan The West Wing.

Biografi Jon Bon Jovi Nama Asli : John Francis Bongiovi Jr.

Tempat dan tanggal lahir : New Jersey, 2 Maret 1962

Usia: 62 tahun

Pekerjaan: Penyanyi, Aktor, Produser Musik, Penulis Lirik

Band: Bon Jovi (1983–sekarang)

Genre Musik: Hard Rock, Glam Metal, Arena Rock, Pop Rock, Country Rock

Label Musik: Island Records, Mercury Records

Istri: Dorothea Hurley (1989–sekarang)

Anak-anak: Stephanie Rose Bongiovi (1993), Jesse Bongiovi (1995), Jake Harley Bongiovi (2002), Romeo John Bongiovi (2004)

Inilah profil dan karier Jon Bon Jovi yang berhati dermawan. mg/devina

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours