Bungkam Dewa United di Game 1 Playoff IBL, Borneo Cetak Sejarah

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Burung Enggang Kalimantan menorehkan sejarah IBL dengan menjadi tim kedelapan yang memenangi laga pembuka babak pertama playoff IBL. Kalimantan menang dengan mengalahkan legenda Dewa United Banten 90-76 di GOR Laga Tangkas, Bogor, Kamis (18/7/2024) sore.

Pada format best-of-three, Borneo membutuhkan satu kemenangan untuk melaju ke babak kedua. Di sisi lain, Dewa United perlu memenangkan leg kedua untuk memaksakan penentuan.

Borneo membuat kejutan dengan menahan Dewa United Banten menjadi 45-45 di babak pertama. Mulai kuarter ketiga, mereka melaju dengan skor 11-0. Tim besutan Ismael pun mempersulit Dewa United meraih poin. Selang beberapa waktu, Dewa United berhasil. Namun Borneo mampu mempertahankan keunggulan 65-59 di penghujung kuarter ketiga.

Borneo membuat gebrakan di awal kuarter keempat. Mereka melaju 10-2 saat waktu tersisa dua menit untuk memberi keunggulan 75-61. Akeem Scott mencetak tujuh poin dari serangan Borneo di awal kuarter keempat.

Perubahan terakhir dilakukan Dewa United. Menggantikan Jordan Adams untuk memberi ruang bagi tembakan Gelvis Solano. Strategi ini berhasil karena Solano leluasa melepaskan tembakan.

Namun di sisi lain, Kalimantan juga melakukan hal serupa. Meski mengalami kesulitan, tembakan mereka efektif di atas ring saat Borneo mempertahankan keunggulan 78-64 pada pertengahan kuarter keempat. Borneo berhasil menghentikan laju Dewa United hingga akhir pertandingan.

“Ini adalah pertandingan besar bagi kami,” kata Akeem Scott. “Kami tahu kami berada di posisi kedelapan. Tapi kami yakin bisa melakukan apa saja. Meski lawan kami adalah tim utama.”

Michael Qualls memimpin Borneo dengan 21 poin, 11 assist, dan delapan rebound. Jamar Andre Johnson mencetak 18 poin dalam 25 menit di lapangan. Akeem Scott dari bangku cadangan mencetak 17 poin dan menjadi Steve Taylor Jr. Akhirnya. menambahkan 15 poin.

Untuk Dewa United, Gelvis Solano Paulino mencetak 30 poin dari 10 dari 19 akurasi tembakan. Tavario Miller menambah 14 poin, Jordan Adams terjebak oleh kuatnya pertahanan Borneo dan hanya mencetak 11 poin, 4 dari 11 percobaan Lester Prosper mencetak double-double dengan 10 poin dan 14 rebound.

Game 2 akan dikirim ke Dewa United Arena pada Sabtu (20/7/2024). Namun, seperti yang dikatakan Akeem Scott dalam wawancara pasca pertandingan, Borneo siap menghadapi apa pun yang mungkin terjadi. Termasuk apakah seri tersebut harus diputuskan melalui Game 3. 

Pada pertandingan lainnya, tim kedua Pelita Jaya Basketball mencetak kemenangan impresif 96-66 atas Bali United Basketball di GOR Merpati, Bali. Pelita Jaya menjamu Stadion Indoor, Tangerang pada Sabtu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours