PBB: Multilateralisme lebih inklusif perlu untuk merespons tantangan

Estimated read time 1 min read

Washington dlbrw.com – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Sabtu (21/9) mengatakan diperlukan pendekatan multilateral yang “lebih komprehensif” untuk mengatasi tantangan saat ini.

“Kami melihat lembaga-lembaga multilateral kami sedang berjuang – tidak mampu menanggapi tantangan-tantangan saat ini, apalagi tantangan-tantangan di masa depan,” kata Guterres pada pembukaan Future Day of Action Summit.

Dia mengatakan dunia “terganggu dan terpecah belah” oleh konflik dan kesenjangan serta terancam oleh kekacauan iklim dan teknologi anarkis.

“Kita memerlukan pendekatan multilateral yang lebih inklusif, lebih efektif dan lebih terhubung untuk memperkuat hubungan antara lembaga-lembaga internasional dan masyarakat.

“Itu berarti lebih banyak keterwakilan bagi negara-negara berkembang, dan itu berarti suara yang lebih kuat bagi Anda semua dan apa yang Anda wakili,” ujarnya.

Guterres mengatakan pemerintah mempunyai tanggung jawab “utama”. “Kita tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan global saat ini tanpa kontribusi dari seluruh lapisan masyarakat.

Multilateralisme yang diperbarui tidak akan dapat dicapai dalam satu hari atau oleh pemerintah saja, katanya, saat berbicara di depan para peserta Future Action Day Summit, yang dihadiri oleh para pemimpin dunia, anggota parlemen, akademisi, seniman dan aktivis.

“Ini akan didorong dan dilaksanakan oleh Anda semua dan kelompok yang Anda wakili. Kami berjuang demi ambisi. Sekarang, mari kita berjuang bersama untuk aksi nyata,” imbuhnya.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours