Warga Jakarta Utara diajak tanam jagung pulut

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) mengajak warga setempat menanam jagung ketan di lahan pertanian terbatas dalam upaya memperkuat ketahanan pangan di daerah tersebut.

“Memasukkan lomba tanam jagung di lahan pertanian Wali Kota Jakarta Utara untuk menciptakan ketahanan pangan,” kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, enam tempat di enam kecamatan di Jakarta Utara langsung ditanami tanaman tersebut.

Yakni, Taman Jantung PKK, Desa Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Urban Farming RT 002/007 PIK, Desa Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan.

Kemudian Gedung Tjetje Rahman RT 006/003 Desa Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Desa Taman Jampea Koja, Kecamatan Koja.

Setelahnya, SMPN 270 RT 06/RW 01 Desa Pegangsaan Dua Kecamatan Kelapa Gading dan Urban Farming Dipo RW 10 Desa Pademangan Timur Kecamatan Pademangan.

Dikatakannya, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan minat menanam jagung yang mempunyai banyak manfaat bagi seluruh masyarakat.

“Untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga di wilayah ini, dilakukan kompetisi tanam jagung bersama se-Jakarta Utara,” ujarnya.

Menurutnya, selain sebagai sumber pangan, jagung ketan juga memiliki manfaat bagi kesehatan jika ditanam dan dikonsumsi secara rutin oleh masyarakat.

“Maiiz Pulut dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti kesehatan jantung, pencegahan kanker, dan pengendalian tekanan darah,” ujarnya.

Ia memuji PT East West Speed ​​​​​​​​​​Indonesia atau Panah Merah yang turut serta menciptakan ketahanan pangan di Jakarta Utara.

Ia berharap kerja sama BUMN, BUMD dan berbagai pihak swasta untuk menciptakan ruang hijau guna menghidupkan kembali lingkungan tidak berhenti sampai di sini.

“Mudah-mudahan budidaya jagung bisa menjadi alternatif utama jika pasokan beras tersedia,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun ANTARA menyebutkan jagung ketan atau waxy corn merupakan salah satu jenis jagung yang ada di Indonesia.

Jagung ini banyak ditanam dan dikonsumsi di Indonesia bagian timur. Rasanya yang lezat dan ringan membuat jagung ini banyak diolah dalam berbagai olahan makanan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours