Pemkab ajak warga kembangkan pertanian di Kepulauan Seribu

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu mengajak warga untuk menanam tanaman pangan di lingkungan tempat tinggalnya sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di kepulauan tersebut.

“Hari ini kami bersama warga dan anggota Daswisma Pulau Tidung melakukan panen sayuran sebanyak 32 kilogram dari lahan pertanian perkotaan atau ‘urban farming’ untuk menunjang ketahanan pangan,” kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan Sudin KPKP Pulau Seribo. . . (Sedin), Jakarta di Pars, Jumat.

Ia mengatakan, jenis sayuran yang berhasil ditanam di lahan terbatas antara lain pisang 17 kg dan bayam 15 kg. Hasil total seluruh sayuran adalah 32 kg.

“Dari temuan tersebut, kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai sumber pangan dan gizi untuk kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ia mengatakan, pisang dan sayuran yang dipanen dibagikan kepada pejabat dan anggota Daishima. Sedangkan sisanya sebesar Rp. 5.000 per batch terjual.

Menurutnya, hal ini yang terus memotivasi masyarakat untuk mengenyam pendidikan dan memanfaatkan lahan yang ada untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Kami melibatkan warga secara langsung sehingga merek dapat merasakan menanam dan memanen tanaman pangan ini dan semoga di rumah mereka sendiri,” ujarnya.

Salah satu anggota kelompok Dawisma, Anita (45) bersyukur bisa mendapat bagian dari hasil panen sayur mayur dan tanaman pangan lainnya yang dikumpulkan sekitar tiga minggu lalu.

Dikatakannya, hasilnya sangat memuaskan dan pasti akan terus berlanjut dan berkembang.

“Mudah-mudahan hal ini dapat mendorong masyarakat lain untuk mampu menciptakan ketahanan pangan mandiri dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan sayuran dan tanaman lainnya,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours