Pengelola Tol Cipali Optimalkan Pengoperasian SPKLU di Tujuh Rest Area

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, CIREBON – Pengelola Tol Cikopo-Palimanan, Astra Tol Cipali mengoptimalkan pengoperasian stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di tujuh sisa ruas tol ini. Hal ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik.

Fasilitas ini kami sediakan untuk mendukung kebutuhan pengemudi kendaraan listrik yang terus meningkat. SPKLU mudah diakses oleh pengendara dari Jakarta-Cirebon dan sebaliknya, memastikan listrik tersedia saat dibutuhkan, kata Kepala Departemen Operasional Astra Tol. Sri Mulyo dalam keterangannya di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (30/7/2024).

Dia menjelaskan, SPKLU tersedia di sisa wilayah arah Jakarta-Cirebon di KM 86, KM 102, KM 130, dan KM 166, serta di ruas Cirebon-Jakarta di KM 101, KM 130, dan KM 164.

Dengan bertambahnya jumlah SPKLU, kata dia, pengguna kendaraan listrik bisa lebih santai dan nyaman saat melakukan perjalanan jarak jauh di Tol Cipali. Sri juga menyinggung kapasitas pengisian daya SPKLU di Tol Cipali yang memiliki fitur fast charging dengan kapasitas daya berkisar antara 22kW hingga 200kW.

Sejumlah SPKLU di Ruas Tol Cipali juga memiliki fungsi pengisian daya sangat cepat yang memungkinkan pengisian daya kendaraan listrik dalam waktu lebih singkat. Misalnya SPKLU di KM 130 arah Jakarta-Cirebon dan KM 101 arah depan Cirebon. -Jakarta kapasitasnya 200 kW,” kata Sri.

Selain itu, Sri mengatakan pengoperasian SPKLU merupakan upaya mendukung pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dan menjaga lingkungan. Upaya lain yang dilakukan untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga lingkungan melalui program penanaman pohon, Program Pelestarian Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa) dan penggunaan energi terbarukan.

Sri menambahkan, di rest area tol Cipali juga dilengkapi berbagai fasilitas penting seperti 785 toilet gratis, ruang perawatan ibu dan bayi, SPBU, tempat parkir bagi perempuan dan penyandang disabilitas, tempat ibadah, dan bengkel umum.

Ia mengatakan, saat ini lebih dari 190 penyewa menawarkan produk lokal untuk MIPI, supermarket kecil, dan berbagai jenis restoran yang dapat dikunjungi pengemudi saat berada di rest area.

“Semua fasilitas ini dirancang untuk memastikan pengguna jalan mendapatkan kenyamanan maksimal selama perjalanan,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours