Kenapa Orang Jepang Suka Makan Telur Mentah? Ternyata Ini Alasannya

Estimated read time 3 min read

TOKYO – Mengapa orang Jepang suka makan telur mentah? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas di benak seseorang yang penasaran dengan adat istiadat masyarakat di negeri Sakura.

Telur merupakan makanan populer di banyak negara, termasuk Jepang. Namun ada satu hal menarik yang membedakan Jepang dengan negara lain, yakni kebiasaan warganya mengonsumsi telur mentah.

Bagi sebagian orang, kebiasaan ini terkesan aneh. Apalagi banyak penelitian yang menunjukkan bahwa telur mentah bisa menjadi sumber salmonella dan bakteri lainnya. Lalu mengapa orang Jepang masih menyukainya?

Mengapa orang Jepang suka makan telur mentah? (H2)

Hingga saat ini Jepang dikenal sebagai negara pencipta teknologi maju. Misalnya saja diterapkan untuk menjaga kualitas bahan makanan sehari-hari, termasuk telur.

Mengutip Ikidane Nippon, Selasa (15/10/2024), masyarakat Jepang tetap mengonsumsi telur mentah karena percaya proses produksi, pencucian, dan pemilihan telur di Jepang sangat ketat. Dengan pengolahan yang canggih, mereka tidak lagi khawatir dengan keberadaan bakteri seperti salmonella pada telur mentah.

Sebagai gambaran singkat, ayam yang dipelihara di Jepang diberi makan bahan-bahan bergizi tinggi sejak usia muda. Kemudian telur-telur tersebut akan dikumpulkan untuk dicuci, diseleksi, dan dikemas dengan mesin canggih.

Pengoperasian mesin canggih ini memungkinkan keseimbangan posisi telur, sehingga kuning telur tidak menyentuh cangkangnya. Kemudian mesin juga membersihkan cangkang telur dari segala jenis kotoran dan bakteri serta memeriksa telur apakah ada retak atau noda darah.

Jika ternyata tidak memenuhi standar, telur tersebut tidak akan dijual. Hebatnya, masih bisa dijual, tapi dengan label telur tidak bisa dimakan mentah.

Selain proses produksi, pencucian dan seleksi yang ketat, telur dikemas di Jepang sesuai dengan standar Asosiasi Unggas Jepang. Standar ini mengharuskan produsen telur untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa pada perasa, yaitu batas waktu konsumsi telur mentah.

Selain melindungi dari bakteri berbahaya, orang Jepang menyukai telur mentah karena sadar akan nutrisinya. Singkatnya, kuning telur mentah memiliki nutrisi lebih banyak dibandingkan kuning telur matang.

Alasan lainnya adalah orang Jepang menganggap telur mentah sebagai bagian dari makanan tradisional mereka. Hal ini terkait dengan sejumlah menu Jepang yang menggunakan telur mentah.

Cara termudah bagi orang Jepang adalah dengan menaruh telur mentah di atas nasi panas dan menambahkan sedikit kecap Jepang (shoyu) dan aduk. Kebiasaan makan ini pastinya sering kita jumpai, baik di kehidupan nyata maupun di film-film yang bersetting di Jepang.

Selain itu, masih banyak menu makanan Jepang lainnya yang menggunakan telur mentah di atasnya. Misalnya Yukke, sajian sashimi berupa daging mentah segar yang dibumbui dengan kecap Jepang (shoyu), ditaburi kuning telur mentah dan irisan lalapan.

Nah, pertanyaan “Kenapa orang Jepang suka makan telur mentah” sudah terjawab. Alasan utamanya ada tiga, yakni proses produksinya sangat ketat, gizinya lebih banyak, dan sudah menjadi budaya dalam makanan khasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours